Selasa 07 September 2021, 16:28 WIB

Polisi Ringkus Sindikat Penipuan SMS Catut Nama Baim Wong

Rahmatul Fajri | Megapolitan
Polisi Ringkus Sindikat Penipuan SMS Catut Nama Baim Wong

MI/Liliek Dharmawan.
Ilustrasi.

 

JAJARAN Resmob Polda Metro Jaya meringkus sindikat penipuan melalui SMS atau pesan singkat. Ada 10 tersangka yang berinisial J, DA, E, AAR, MR, A, RT, T, BU, dan H. Mereka diciduk di wilayah Sulawesi Selatan.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunu mengatakan para tersangka menjalankan aksi dengan menyebar SMS secara acak yang berisi hadiah berupa uang tunai dengan mengatasnamakan suatu instansi. Selain itu, delapan tersangka lain melakukan penipuan serupa dengan mengatasnamakan pasangan artis Baim Wong dan Paula Verhoeven. 

Ia mengatakan para tersangka mengirimkan pesan singkat secara acak yang berisi BAIM PAULA RESMI MENYAMPAIKAN ANDA TERPILIH MNG 50 JUTA Code ID 27won67 SILAHKAN CHAT WHATSAPP 082251187869. Setelah itu, pelaku menyertakan tautan dan mengarahkan korban untuk mengirimkan sejumlah uang untuk mencairkan hadiah tersebut.

"Kalau sudah masuk perangkap, pelaku kemudian mengatur mulai dari perlihatkan bukti struk palsu bahwa anda dapat hadiah Rp50 juta. Tapi untuk mencairkan uang Rp50 juta ada langkah-langkah yang harus diikuti korban, contoh minta ditransfer," kata Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa (7/9).

Lebih lanjut, Yusri mengatakan para tersangka telah lama menjalankan aksi dan meraup paling sedikit Rp400 ribu hingga Rp10 juta per hari. Ia mengatakan para tersangka memiliki latar belakang pendidikan SD-SMP dan belajar secara otodidak.

Baca juga: Dua Polisi Metro Jaya Diproses Hukum karena Pungli

Yusri meminta masyarakat untuk waspada dan tidak mudah percaya dengan penipuan melalui pesan singkat yang mengatasnamakan suatu instansi. "Tolong masyarakat jangan mau percaya apabila ada SMS menang hadiah, baik itu perorangan maupun instansi korporat. Itu semua tidak benar," kata Yusri. Atas perbuatan itu, para tersangka dijerat dengan Pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan ancaman empat tahun penjara. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA

TPS Ilegal Pebayuran Bekasi Ditutup Permanen

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 17 Mei 2022, 22:34 WIB
Kepala Satpol PP Kabupaten Bekasi Dodo Hendra Rosika mengatakan penutupan lokasi pembuangan sampah tersebut melibatkan personelnya dibantu...
ANTARA

Mulai Besok, MRT Beroperasi Hingga Pukul 23.00 WIB

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 17 Mei 2022, 22:30 WIB
Kebijakan waktu operasional MRT Jakarta menjadi Senin sampai Jumat (hari kerja) pukul 05.00 WIB sampai dengan pukul 23.00...
ANTARA

RTRW Kawasan Ciputat Dinilai Sudah Tidak Layak

👤Syarief Oebaidillah 🕔Selasa 17 Mei 2022, 21:40 WIB
RENCANA Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Kecamatan Ciputat, Tangsel, khususnya kawasan Pasar Ciputat dinilai sudah tidak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya