Kamis 29 Juli 2021, 07:10 WIB

Kapolri Instruksikan Bangun Posko PPKM di Pasar Rakyat

Siti Yona Hukmana | Megapolitan
Kapolri Instruksikan Bangun Posko PPKM di Pasar Rakyat

MI/Andri W
Ilustrasi aktivitas di pasar

 

GUNA memastikan perekonomian masyarakat tetap berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes), Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan jajarannya membuat posko pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di pasar-pasar rakyat.

"Seluruh jajaran membentuk posko PPKM di pasar untuk antisipasi pelonggaran ekonomi kerakyatan," kata Listyo dalam keterangan tertulis, Kamis (29/7).

Dalam perpanjangan PPKM level 4 hingga 2 Agustus 2021, pemerintah melonggarkan aturan terhadap pusat perekonomian masyarakat. Yakni, pasar rakyat diperbolehkan beroperasi namun dengan protokol kesehatan yang ketat.

Mantan Kapolda Banten itu meminta anggota yang berjaga di posko PPKM pasar rakyat membuat one gate system. Hal ini guna membatasi kapasitas pengunjung dan memeriksa suhu tubuh pengunjung di pintu masuk.

"Menyiapkan lokasi cuci tangan, membagikan masker, pengaturan jaga jarak antarpedagang serta melakukan random check swab antigen," ujar jenderal bintang empat itu.

Baca juga: Rentan Penularan Covid-19, Ada Usulan Masuk Pasar Wajib Bawa Kartu Vaksin

Tak hanya itu, Listyo meminta anggota juga menyiapkan vaksinasi mobile di pasar rakyat. Dalam rangka percepatan pembentukan Herd Immunity atau kekebalan kelompok terhadap virus korona (covid-19) di pasar tradisional tersebut.

Posko PPKM di pasar itu nantinya juga menyiapkan bantuan sosial (bansos) PPKM level 4 dari pemerintah. Penerima bansos ialah masyarakat yang ekonominya paling terdampak selama pandemi.

Dalam pelaksanaan posko PPKM di pasar, Listyo meminta jajarannya bersinergi dan berkomunikasi dengan seluruh pihak terkait. Pemberdayaan koordinator pengawas disiplin prokes diharapkan dapat melibatkan petugas keamanan atau paguyuban pelaku usaha.

Pembentukan posko PPKM di pasar itu mulai dilakukan pada Selasa (27/7). Tercatat, sudah ada 9.213 posko PPKM di seluruh Indonesia. Jumlah itu berasal dari unsur TNI, Polri dan relawan.(OL-5)

Baca Juga

Antara

Vaksinasi Capai 75 %, PPKM Kota Tangsel Turun ke Level 2

👤Syarief Oebaidillah 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 13:51 WIB
"Dengan kondisi saat ini, kita tetap harus disiplin menerapkan protokol kesehatan,jangan lupa memakai masker, jangan abai dan lengah,...
Antara

Dua Polisi ‘Artis’ Medsos Dilatih Cara Tindak Polisi dalam Perspektif HAM

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 13:45 WIB
“Nanti saya mau kursusin supaya keduanya bertambah kemampuannya dan bisa berbagi ilmu serta pengalaman dengan satuan kerja...
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Ini Alasan Pemprov DKI Tunda Pembangunan LRT Kelapa Gading-JIS

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 09:57 WIB
Pemprov DKI Jakarta menunda pembangunan light rail transit (LRT) fase 2a rute Kelapa Gading-Jakarta International Stadium (JIS) jadi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rakyat Kalimantan Selatan Menggugat Gubernur

Sebanyak 53 warga terdampak bencana banjir dari sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan menggugat Gubernur Sahbirin Noor.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya