Senin 21 Juni 2021, 13:32 WIB

Dinkes DKI: Warga Bisa Tetap Isolasi Di Rumah

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Dinkes DKI: Warga Bisa Tetap Isolasi Di Rumah

Antara
Ilustrasi

 

KEPALA Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan, masyarakat yang terpapar covid-19 tanpa gejala tak harus menjalani isolasi di fasilitas isolasi terkendali yang disediakan oleh pemerintah. Hal ini mengingat laju kasus covid-19 yang terus meninggi sehingga lokasi isolasi terkendali juga dengan cepat terisi penuh.

Masyarakat bisa melakukan isolasi di rumah apabila memiliki ruang kamar yang cukup untuk menjalani isolasi mandiri.

"Artinya semua kasus covid-19 tidak harus berbondong-bondong ke RS. Ini yang perlu kita edukasikan ke masyarakat yang sedang kita susun lebih rinci. Pada saat terkonfirmasi positif tanpa gejala, dengan situasi pandemi covid-19 yang seperti ini bisa dilakukan isoman di rumah, dengan telemedicine dari nakes yang kita siapkan," kata Widyastuti saat ditemui di Balai Kota, Senin (21/6).

Menurutnya, salah satu hal yang wajib dimiliki warga yang terpapar covid-19 namun ingin isolasi mandiri di rumah yakni memiliki kamar tidur dan kamar mandi yang bisa digunakan terpisah dengan anggota keluarga lainnya. Namun, isolasi mandiri tidak disarankan bagi warga yang tidak memiliki kamar tidur dan kamar mandi terpisah serta warga yang tinggal di permukiman padat penduduk karena khawatir berisiko tinggi menularkan ke warga lainnya.

Baca juga : Kasus Covid-19 Melonjak, Polda Metro Sekat 10 Ruas Jalan

"Isolasi untuk OTG saya sampaikan kami ke depan akan ada pemilahan yang lebih jelas. Kami mengajak untuk kasus-kasus terkonfirmasi positif tidak harus semuanya dibawa ke tempat isolasi yang kita siapkan. Karena berapapun dengan melihat laju kecepatannya tentu perlu ada kebijakan yang lain. Sehingga kami mengajak bagaimana warga mampu melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing," jelasnya.

Salah satu tantangan isolasi mandiri adalah kedisiplinan warga. Widyastuti mengakui bahwa ada beragam tingkat kedisiplinan warga dalam menjalankan isolasi mandiri. Oleh karena itu, kerja sama dari tetangga dan perangkat RT dan RW sekitar dalam membantu mendukung secara mental kepada warga yang terpapar covid-19 sangat dibutuhkan.

"Tentu peran dari keluarga tetangga kiri kana kami mengimbau segenap RT RW melalui rukunnya masing-masing bisa saling mengingatkan. Yang tahu persis di lapangan tentunya tetangga kiri kanan saling menjaga mengingatkan kita harapkan sehingga semuanya berkolaborasi menjaga DKI untuk mengakhiri pandemi ini," ujarnya. (OL-2)

 

Baca Juga

ANTARA/Aditya Pradana Putra

Rekomendasi Terbit, Gereja Immanuel Bakal Segera Direvitalisasi

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 02 Agustus 2021, 10:36 WIB
Penerbitan Surat Rekomendasi Pemugaran itu merupakan bagian dari upaya pelindungan bagi Bangunan Cagar Budaya agar setiap prosesnya sesuai...
ANTARA FOTO/Indrianto Eko

Jakarta Diprediksi Bakal Tenggelam, PSI Minta DKI Fokus Atasi Kondisi Itu

👤Yakub Pryatama W 🕔Senin 02 Agustus 2021, 09:33 WIB
William menjelaskan Pemprov harus segera lakukan pipanisasi air bersih ke seluruh pelosok Jakarta tanpa terkecuali agar masyarakat tidak...
Dok: Pemkot Bekasi

SMA Negeri 15 Kota Bekasi Gelar Vaksinasi Massal

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Senin 02 Agustus 2021, 09:25 WIB
"Sebanyak 1.000 vaksin disiapkan oleh Kodim 0507/Bekasi. Sekitar 800 vaksin untuk siswa dan siswi, 200 vaksin untuk masyarakat...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pembangunan Berkelanjutan demi Keselamatan Bersama

 Sektor keuangan memiliki peran besar dalam mengarahkan perubahan menuju penerapan green economy

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya