Kamis 17 Juni 2021, 13:50 WIB

Covid-19 Makin Mengkhawatirkan, Ini 3 Strategi Anies

Hilda Julaika | Megapolitan
Covid-19 Makin Mengkhawatirkan, Ini 3 Strategi Anies

MI/CAKSONO
Pasien covid-19 yang baru tiba dari berbagai wilayah di Ibu Kota menunggu di lobi Tower 6 RSDC Wisma Atlet Kemayoran

 

GUBERNUR DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengutarakan sejumlah strateginya dalam menghadapi pandemi covid-19 yang saat ini makin menghawatirkan.

Strategi yang pertama, mendapatkan kepercayaan penuh dari rakyat sehingga bisa berkolaborasi dalam menangani covid-19. Karena pemerintah dan masyarakat berjalan bersama bertahun tahun untuk urusan sangat pribadi dan perlindungan diri.

“Pakai masker, jaga jarak itu amat pribadi, harus rakyat percaya Pemprov DKI mengatakan senyatanya,” kata Anies di Webinar yang digelar BPK.

Strategi yang kedua, dari aspek teknis. Berupa kebijakan terkait pembagian waktu pembatasan di 50%, di 20% pembatasan. Termasuk kebijakan yang di awal Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menjadi Penerapan Pembatasan Kegiatan asyarakat (PPKM).

Kemudian melakukan peningkatkan kapasitas testing sehingga meningkat 13 kali. Adapun untuk saat ini kapasitas 8 kali dari standar minimal WHO. Menurutnya, positivity rate di Jakarta menjadi akurat karena syarat minimum dipenuhi.

Baca juga: Pasien Covid-19 di RSD Wisma Atlet Tembus 5.730 Orang

Adapun strategi yang ketiga, yakni peningkatan kapasitas vaksinasi di wilayah Ibu Kota. Hal ini dilakukan dengan semua unsur pekerjaan bersama. Terdapat 2 komponen utama yakni, sisi suplai dan sisi demand. Artinya bagaimana bisa mendatangkan warga dan ada yang inisiatif untuk vaksinasi yang harus dimobiliasi.

“Dengan 3 strategi ini kita berharap bisa mempercepat tumbunya imunitas warga. Dan dengan begitu kita bisa memasuki masa ujung pandemi ini di Ibu Kota. Saya garis bawahi di masa krisis ini, kesempatan melakukan perubahan, kami banyak melakukan terobosan, Insya Allah kemudian akan memberikan manfaat menjadi kota yang tangguh dan resilience,” ungkapnya. (OL-4)

Baca Juga

Antara

Wisma Atlet Kemayoran Rawat 173 Pasien Covid-19

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Minggu 03 Juli 2022, 21:40 WIB
Yoga memerinci pasien terpapar covid-19 terdiri dari 67 pria dan 106...
Ist

Holding BUMN Farmasi Turut Meriahkan Jakarta Fair 2022

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 20:58 WIB
Kemenkes juga turut mengajak Holding BUMN Farmasi (Biofarma, Kimia Farma, Indofarma) untuk memeriahkan event tahunan Ulang Tahun Kota...
dok.ist

Dedy Irsan Resmi Kepala Ombudsman RI Jakarta Raya 2022-2027

👤 Selamat Saragih 🕔Minggu 03 Juli 2022, 19:49 WIB
Plt Ombudsman Jakarta Raya Dedy Irsan dilantik menjadi Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya periode...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya