Jumat 19 Agustus 2022, 17:58 WIB

Hentikan Covid-19, Korut Puji Militernya

Cahya Mulyana | Internasional
Hentikan Covid-19, Korut Puji Militernya

AFP KCNA VIA KNS
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

 

Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong Un menyelenggarakan sebuah upacara sebagai bentuk terima kasih para petugas medis militer. Dia menyatakan keberhasilan penanggulangan covid-19 berkat dedikasi mereka.

"Mengingat bahwa petugas medis militer menanggung kesulitan terbesar untuk meredakan krisis anti-epidemi di ibu kota, dia (Kim) mengucapkan terima kasih kepada mereka yang menunjukkan semangat tak kenal lelah kekuatan tempur tak terkalahkan dari tentara kita," ungkap laporan kantor berita Korut KCNA.

Ribuan petugas medis Tentara Rakyat Korea, yang dikerahkan ke front antiepidemi darurat dipulangkan setelah Kim menyatakan kemenangan melawan covid-19. Kim juga melonggarkan pembatasan pada pekan lalu.

Kim menggelar upacara tersebut di Rumah Budaya 25 April di Pyongyang pada Kamis (17/8). Kim secara khusus memanggil dan memberi selamat kepada petugas medis melakukan prestasi luar biasa dalam perjuangan antipandemi.

Sebelum gelaran ini, para petugas medis militer kembali ke unit masing-masing tanpa upacara pelepasan. Tak lama berselang Kim merasa bersalah karena mengabaikan penghargaan sehingga dilakukan upacara khusus ini.

Korut tidak pernah mengonfirmasi jumlah orang yang terjangkit covid-19, yang tampaknya karena mereka tidak memiliki alat untuk melakukan pengetesan secara luas.

Sejumlah pakar penyakit menular meragukan klaim kemajuan di Korut, dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa situasi covid-19 di negara itu bisa menjadi lebih buruk, bukan lebih baik, mengingat tidak adanya data independen. (KCNA/OL-12)

Baca Juga

AFP

Susul Filipina, Vietnam Bersiap Hadapi Topan Noru

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 27 September 2022, 14:11 WIB
Terjangan angin Topan Noru mengakibatkan 8 korban jiwa dan banjir yang meluas di Filipina. Wilayah Vietnam pun bersiap menghadapi...
KYODO, AFP-JIJI

Jepang Kecam Rusia atas Penahanan Diplomatnya

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 27 September 2022, 13:51 WIB
Jepang mengecam penahanan diplomatnya oleh Rusia atas tuduhan spionase. Tokyo menuntut Kremlin menyampaikan permintaan...
Yonhap/AFP

AS Kerahkan Kapal Induk Bertenaga Nuklir untuk Tekan Korut

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 27 September 2022, 13:43 WIB
AS menekankan bahwa pengerahan kapal induk di dekat Semenanjung Korea tersebut ditujukan sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan efek...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya