Rabu 09 Juni 2021, 11:41 WIB

Jajal LRT Jabodebek, Jokowi: Tanpa Suara, Nyaman Sekali

Dhika Kusuma Winata | Megapolitan
Jajal LRT Jabodebek, Jokowi: Tanpa Suara, Nyaman Sekali

MI/Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi mencoba LRT dari Stasiun Harjamukti Cibubur ke Stasiun Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

 

PRESIDEN Joko Widodo meninjau progres pembangunan Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodebek. Tidak hanya meninjau lokasi stasiun, Presiden turut menjajalnya dari Stasiun Harjamukti Cibubur ke Stasiun Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Kepala Negara terkesan dengan performa kereta ringan itu.

"Tadi kita mencoba. Tadi keretanya halus, nyaman, kecepatannya juga baik. Dapat dikatakan tanpa suara, nyaman sekali," tutur Jokowi di Stasiun LRT TMII, Jakarta, Rabu (9/6).

Kereta ringan yang akan menghubungkan Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi itu ditargetkan rampung pertengahan tahun depan.

Baca juga: Jokowi Minta LRT Jabodebek Bisa Beroperasi Juni 2022

Presiden menyampaikan progres pembangunan LRT Jabodebek itu sudah mencapai 84,7%. Uji coba dijadwalkan pada April 2022 dan operasional resmi pada Juni 2022.

"Kenapa LRT ini kita bangun? Kita ingin membangun transprotasi massal yang terintegrasi. MRT, LRT, kereta bandara, bus Transjakarta semuanya terintegrasi sehingga terjadi efisiensi dalam orang bepergian dari satu titik ke titik yang lain dan kita harapkan setelah ini selesai kita akan masuk kepada titik-titik yang lain," imbuhnya.

Presiden juga menyampaikan LRT yang 100% dibangun perusahaan dalam negeri itu oleh PT Industri Kereta Api (PT Inka) dan PT Adhi Karya semua konstruksinya dikerjakan di Indonesia.

Jokowi menyatakan model pembangunan seperti itu bisa menjadi modal penting untuk kemajuan industri perkeretaaapian. Presiden menginginkan agar perusahaan dalam negeri juga bisa membangun LRT di negara-negara lain.

"Pengalaman membangun keretanya oleh PT Inka ini akan menjadi fondasi apabila kita membangun LRT, membangun kereta untuk negara-negara lain. Sekarang kan kita sudah ekspor kereta ke Bangladesh dan Filipina. Kita harapkan LRT juga akan seperti itu," tegas Jokowi. (OL-1)

Baca Juga

MI/Galih Pradipta

Pasien Covid-19 di RSUD Pasar Minggu Ngamuk karena Minta Segera Dapat Kamar

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 24 Juni 2021, 12:43 WIB
Bambang menyebut, saat kejadian itu kondisi kapasitas bed perawatan pasien covid-19 di RSUD Pasar Minggu memang tengah...
Ist

Kadistamhut DKI Buka Suara Soa Wacana Truk Angkut Jenazah

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 24 Juni 2021, 12:37 WIB
Suzi menjelaskan foto itu dibuat saat Dinas Pertamanan dan Hutan Kota melakukan simulasi pengangkutan jenazah...
ANTARA

Kasus Penembakan Pelajar di Jakbar, 4 Orang Jadi Tersangka

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Kamis 24 Juni 2021, 12:34 WIB
Kanit Reskrim Polsek Metro Taman Sari, AKP Lalu Musti Ali menyebut dari sepuluh yang ditangkap, sebanyak enam lainnya berstatus...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Diplomasi Jalur Rempah di Kancah Dunia

Perjalanan sejarah Indonesia terasa hambar tanpa aroma rempah. Warisan sosial, ekonomi, serta budaya dan ilmu pengetahuan itu kini dikemas dan disodorkan kepada dunia untuk diabadikan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya