Minggu 02 Mei 2021, 06:07 WIB

Cegah Kerumunan di Pasar Tanah Abang, Polisi-TNI Dirikan Posko

Rahmatul Fajri | Megapolitan
Cegah Kerumunan di Pasar Tanah Abang, Polisi-TNI Dirikan Posko

ANTARA/Aprillio Akba
Warga memadati kawasan Jembatan Penyeberangan Multiguna atau Skybridge Tanah Abang di Jakarta, Kamis (29/4).

 

TNI dan Polri mendirikan posko pengamanan untuk mencegah kerumunan di Pusat Grosir Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan pihaknya akan memperketat pengawasan protokol kesehatan.

"Mulai besok, kita akan dirikan pos pengamanan di sana dari polisi, TNI, dan pemerintah daerah.  Di pos itu kita siapkan masker, kita ketatkan patroli bersama di situ untuk menghindari kerumunan," kata Yusri melalui keterangan resmi, Minggu (2/5).

Ia mengatakan pihaknya akan memprioritaskan masyarakat pembeli dengan kuota grosiran di lokasi tersebut. Hal tersebut guna mengantisipasi terjadinya penumpukan pengunjung.

Baca juga: TNI-Polri Bentuk Posko di Tanah Abang Awasi Potensi Kerumunan

"Kita akan mengatur skala prioritas belanja untuk pasar grosir Tanah Abang bagi pengunjung yang beli grosiran yang biasanya pembelanja antara kota. Lalu, yang belanja untuk pribadi kita urai di pasar khusus yang bukan jual grosiran," ungkapnya.

Yusri menyebut roda perekonomian harus terus berputar. Namun, hal tersebut harus diiringi dengan penerapan protokol kesehatan lantaran pandemi covid-19 belum berakhir.

"Kita tetap tekankan, kita imbau ke masyarakat yang belanja di sana untuk taat protokol kesehatan. Jaga jarak, pakai masker, dan tidak berkerumun harus selalu diterapkan," imbau Yusri.

"Pandemi covid-19 belum berakhir, vaksin bukan jaminan mutlak kita tidak tertular. Silakan beraktivitas, tapi tetap disiplin prokes, karena disiplin juga adalah vaksin," ujarnya.

Sebelumnya, Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, dipadati pengunjung pada Sabtu (1/4) siang. Pengunjung memadati Pasar Tanah Abang untuk berbelanja menjelang Hari Lebaran. (OL-1)

Baca Juga

MI/Adam Dwi

DKI Tutup Sementara Ancol, TMII dan Ragunan Hingga 17 Mei

👤Hilda Julaika 🕔Sabtu 15 Mei 2021, 18:45 WIB
Keputusan ini menyusul evaluasi kepadatan pengunjung di sejumlah tempat wisata pada masa libur Lebaran. Pengelola tempat wisata dapat...
Antara

Antisipasi Arus Balik Lebaran, Korlantas Perketat Pengawasan

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Sabtu 15 Mei 2021, 16:00 WIB
Mengacu data Kemenhub, ada sekitar 1,5 juta orang meninggalkan wilayah Jabodetabek pada libur Lebaran. Sehingga, Polri harus melakukan...
Antara

Perketat Arus Balik, Polda Metro Jaga 4 Titik Krusial

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Sabtu 15 Mei 2021, 14:45 WIB
Warga yang sudah terlanjur mudik Lebaran diminta membawa surat bebas covid-19 saat kembali ke wilayah Jakarta. Sebab, petugas akan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Toleransi tak Pernah Putus di Adonara

Bencana membuat masyarakat Adonara semakin rukun. Ramadan lebih mempersatukan mereka.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya