Rabu 10 Maret 2021, 14:30 WIB

Virtual Police Sudah Peringatkan 79 Akun Media Sosial

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Megapolitan
Virtual Police Sudah Peringatkan 79 Akun Media Sosial

AFP
Ilustrasi sejumlah aplikasi media sosial.

 

BARESKRIM Polri telah mengirim peringatan terhadap 79 akun media sosial lewat program virtual police hingga Rabu (10/3) ini.

Hal itu diungkapkan Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Rusdi Hartono. "Sekarang sudah 79 akun yang dilayangkan (peringatan melalui) direct message. Alhamdulillah mayoritas itu mengubah. Responsnya baik,” ujar Rusdi saat dikonfirmasi, Rabu (10/3).

Rusdi menyebut akun yang sudah ditegur virtual police kemungkinan bermasalah dan berpotensi masuk ranah hukum. "Sebenarnya kalau kita saklek, sudah pidana itu. Tapi, di sinilah kebijakan polisi. Ketika melihat masyarakat sudah terlibat tindak pidana, itu diingatkan,” imbuhnya.

Adapun 74 akun yang dilayangkan peringatan melalui direct message bersifat perseorangan, bukan akun kelompok atau menamakan institusi.

Baca juga: Soal UU ITE, Kapolri akan Bentuk Virtual Police

“Ya mereka mungkin punya sentimen pribadi, makanya bisa seperti itu. Tentunya ini perlu dicermati. Kadang masalah pribadi saja dibawa ke media sosial,” pungkas Rusdi.

Sebelumnya, Polri akan melakukan evaluasi terhadap program virtual police. Hal itu diungkapkan oleh Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Argo Yuwono. Namun, Argo tak merinci berapa akun yang sudah terkena teguran oleh virtual police. Pun, dia enggan menjelaskan ada atau tidaknya akun bermasalah hingga masuk ranah hukum.

Program virtual police sudah mulai dijalankan Polri. Tugasnya ialah mengawasi konten yang bertebaran di dunia maya. Polri membentuk virtual police untuk memberikan edukasi, sekaligus pengawasan terhadap pengguna media sosial agar terhindar dari pelanggaran UU ITE.(OL-11)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Jakarnaval 2022 Habiskan RP5,4 Miliar

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Senin 15 Agustus 2022, 05:53 WIB
Kepala Dinas Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Andhika Permata menyebutkan untuk anggaran yang diperlukan dalam acara Jakarnaval...
Dok MI

Pemuda di Tangerang Sekap dan Perkosa Perempuan 16 Tahun

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 23:42 WIB
Korban tidak kenal dengan pelaku, namun diketahui pelaku adalah teman dari teman lelaki...
Dok Polri

Polri Yakini Keterangan Putri Candrawathi Ungkap

👤MGN 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 22:57 WIB
"Faktor pemicu kejadian sebagaimana diungkapkan Pak FS (Ferdy Sambo)," ujar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya