Kamis 25 Februari 2021, 19:57 WIB

Ini Instruksi Kapolri terkait Penembakan yang Libatkan Anggotanya

Yakub Pryatama Wijayaaymaja | Megapolitan
Ini Instruksi Kapolri terkait Penembakan yang Libatkan Anggotanya

Ilustrasi
Ilustrasi penembakan

 

KAPOLRI Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengeluarkan Surat Telegram terkait penembakan yang dilakukan oleh anggota polisi, pada Kamis (25/2). Telegram ini merupakan respons dari adanya kasus Bripka CS yang menembak tiga orang hingga tewas di RM Cafe, Ring Road, Cengkareng, Jakarta Barat. 

Listyo pun mengeluarkan beberapa instruksi ke jajaran agar kejadian serupa tak terulang. Instruksi tersebut tertuang dalam Surat Telegram Rahasia (STR) bernomor ST/396/II/HUK.7.1./2021 yang ditandatangani oleh Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono atas nama Kapolri per tanggal (25/2). 

“Iya betul, sebagai langkah antisipasi peristiwa serupa tak terjadi lagi, sekaligus untuk menjaga soliditas dengan TNI yang selama ini berjalan baik,” papar Kadiv Humas mabes Polri Irjen Argo Yuwono, Kamis (25/2). 

Surat telegram tersebut berisikan perintah Kapolri agar Bripka CS dipecat secara tidak hormat dan dilakukan proses pidana sebagaimana tertuang dalam aturan hukum yang berlaku. 

"Menindak tegas anggota Polri yang terlibat dalam kejadian tersebut dengan melaksanakan Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) dan proses pidana," ungkap Kapolri dalam TR. 

Kemudian, Listyo juga menginstruksikan kepada seluruh jajaran kepolisian di Indonesia untuk tetap menjaga soliditas dan sinergitas antara TNI-Polri yang selama sudah terbangun. 

Baca juga : Cegah Gesekan, Kodam Jaya dan Polda Metro Gelar Patroli Bersama

"Secara pro aktif terus meningkatkan sinergitas antara TNI dan Polri melalui kegiatan operasional terpadu, keagamaan, olahraga bersama, kolaborasi kegiatan sosial atau kemasyarakatan," bunyi telegram tersebut.

Tak hanya itu, Kapolri juga meminta memperketat proses pinjam pakai senjata api dinas yang hanya diperuntukan bagi anggota Polri yang memenuhi syarat dan tidak bermasalah serta terus memperkuat pengawasan dan pengendalian dalam penggunaannya.

Lalu, Kapolri juga meminta kepada seluruh jajaran Kasatwil dan pengemban fungsi Propam untuk melaksankan koordinasi dengan satuan TNI setempat dan POM TNI untuk terus mengantisipasi dan menyelesaikan perselisihan atau permasalahan anggota Polri dan TNI secara cepat, tepat, tuntas dan berkeadilan.

Seperti diketahui, terjadi penembakan oleh anggota Polsek Kalideres berinisial CS, dengan korban tewas adalah anggota TNI AD yang juga keamanan RM Cafe berinisal S, Bar boy waiter berinisial FSS, dan kasir RM Cafe berinisial M. serta korban luka Manager RM Cafe berinisial HA.

Bripka CS yang sedang mabuk lalu mengeluarkan senjata api dan menembak tiga korban hingga meninggal dunia dan satu orang korban mengalami luka-luka. Namun, tak lama berselang Bripka CS lalu diamankan polisi dan ditahan di Polsek Kalideres Jakarta Barat. (OL-7)

Baca Juga

Mi/Supardji Rasban

Masyarakat Boleh Lewati Penyekatan Khusus Daerah Penyangga

👤 Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 14 April 2021, 13:02 WIB
Korlantas Polri menyebutkan masyarakat masih dapat melakukan pergerakan antar kota di sekitar lokasi penyekatan arus mudik Idul Fitri 2021...
Dok MI

Densus 88 Kantongi Catatan Lengkap Teroris Jakarta

👤Siti Yona Hukmana 🕔Rabu 14 April 2021, 12:00 WIB
Beberapa di antaranya merupakan anggota organisasi masyarakat (ormas) terlarang Front Pembela...
MI/M IRFAN

Uji Coba Tahap 2 Selesai, Flyover Tapal Kuda Dibuka Permanen

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 14 April 2021, 11:54 WIB
Uji coba tahap kedua sudah dilakukan pada 1-6 April lalu. Sementara untuk uji coba tahap pertama dilakukan pada 31 Januari dan 1-2 Februari...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya