Senin 15 Februari 2021, 14:00 WIB

Survei: Anies Masih Diunggulkan Jadi Cagub DKI

Hilda Julaika | Megapolitan
Survei: Anies Masih Diunggulkan Jadi Cagub DKI

Antara/Aditya Pradana
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menjalani isolasi mandiri.

 

BERDASARKAN survei yang dilakukan Media Survei Nasional (Median), Anies Baswedan masih menjadi calon gubernur DKI Jakarta yang difavoritkan warga.

Anies tercatat memiliki elektabilitas tertinggi dengan persentase 42,5%. Kemudian, disusul Tri Rismaharini dengan nilai elektabilitas 23,5%. Posisi selanjutnya ditempati Sandiaga Uno dengan elektabilitas 5,5%.

“Jika pemilihan gubernur dilakukan saat ini, jawaban dari responden ada nama Anies sebesar 42,5%. Kemudian Risma 23,5%, diikuti oleh Sandiaga sebesar 5,5%,” ungkap Direktur Riset Median Ade Irfan Abdurahman dalam pemaparannya, Senin (15/2).

Baca juga: Anies Klaim PSBB Bikin Polusi Udara Berkurang

Pihaknya kemudian melakukan head to head antara Anies dan Tri, karena elektabilitas yang tinggi dibandingkan nama lainnya. Dari hasil riset, diketahui bahwa warga Ibu Kota memilih Anies atas beberapa alasan. Rinciannya, kinerja bagus sebesar 18,06%, religius atau pro Islam 11,9%, membawa perubahan 5,2%, melanjutkan program 3,1% dan peduli sebesar 3,1%.

Sementara itu, Risma dinilai memiliki kinerja yang bagus sebesar 14,9%, blusukan 11,7%, cepat tanggap 8,5%, tegas 7,4%, serta peduli dan dermawan 7,4%.

Adapun untuk figur Sandiaga, dipilih karena alasan seorang pengusaha 22,8%, politikus muda 9,1%, membuka lapangan kerja 9,1%, peduli& dermawan 4,5%, dan populer 4,5%.

Baca juga: Polri Masih Pelajari Investigasi Komnas HAM Kasus Laskar FPI

Baik Anies maupun Risma dipersepsikan masyarakat sebagai tokoh dengan kinerja baik. Anies memiliki elektabilitas 45% dan Risma sebesar 36,0%. Adapun tantangan bagi Anies jika maju di pemilihan gubernur DKI ialah meningkatkan persepsi merakyat. 

Untuk Risma memiliki nilai merakyat, yang dibuktikan dengan aksi blusukan sebesar 11,7%. Adapun nilai blusukan ini diperoleh seusai Risma menjabat sebagai Menteri Sosial. Diketahui, dia melakukan aksi blusukan di Ibu Kota.

“PR bagi Anies adalah bagaimana dilihat dan dipersepsikan lebih merakyat. Angka itu tak ada di Anies, adanya di Risma dengan blusukan," pungkasnya.(OL-11)

 

Baca Juga

Antara/Adiwinata Solihin

Wisata Ke Kepulauan Seribu Dihentikan Sementara

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 16 Mei 2021, 22:45 WIB
Penghentian sementara kapal ke Kepulauan Seribu sebagai upaya penerapan protokol kesehatan, demi mencegah penyebaran...
Antara/Fauzan

Polsek Tambora Siapkan 400 Alat Swab Antigen untuk Pemudik

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 16 Mei 2021, 22:00 WIB
Kapolsek Tambora, Kompol M. Faruk Rozi mengatakan, dari data yang diperoleh, terdapat  110 warga yang melakukan mudik...
Antara/Indiranto Eko Suwarso

Pengelola Tempat Wisata Diminta Perkuat Protokol Kesehatan

👤Selamat Saragih 🕔Minggu 16 Mei 2021, 21:30 WIB
"Masyarakat yang berkunjung juga tidak boleh melonggarkan protokol kesehatan saat berwisata. Ini perlu kerja...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Optimalkan Potensi Zakat, Ekonomi Bergerak

Berdasarkan data outlook zakat Indonesia pada 2021 yang dipublikasikan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), potensi zakat Indonesia mencapai Rp327,6 triliun.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya