Sabtu 09 Januari 2021, 09:01 WIB

DKI Pastikan tak Ada Cabai Rawit Hasil Pewarnaan di Pasaran

Hilda Julaika | Megapolitan
DKI Pastikan tak Ada Cabai Rawit Hasil Pewarnaan di Pasaran

ANTARA FOTO/Yulius Satria
Penjual menata cabai rawit di Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

 

PEMPROV DKI Jakarta memastikan cabai rawit yang beredar di Jakarta tidak ada yang menggunakan pewarna. Hal ini usai ada temuan cabai rawit merah hasil pewarnaan dengan cat telah menimbulkan keresahan masyarakat.

Meski hal itu belum terjadi di wilayah Jakarta, namun Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian dengan tim suku dinas sudah melakukan aksi pemantauan dan pengambilan sampel cabai rawit merah di sejumlah pasar.

"Hasil pengamatan organoleptik disemua pasar yang dikunjungi (Tomang Barat, Ganefo, Pasar Laris, Pom Pengumben, Kalideres, Klender, Cempaka Putih, Johar Baru, Pasar Minggu), semua cabai rawit merah yang dijual aman untuk dikonsumsi dan tidak menunjukkan adanya ciri hasil pewarnaan cat/pilok," tulis Plt DPKP Suharini Eliawati dalam keterangannya, Sabtu (9/1).

Baca juga:  Harga Cabai Rawit dan Daging Sapi Naik Menyusul Tahu dan Tempe

Menurut Suharini, hal ini merupakan bentuk respon cepat DKPKP dalam rangka menjamin pangan yang dikonsumsi masyarakat Jakarta aman. Pihaknya juga akan terus rutin memantau hal itu agar tidak sampai kecolongan.

Adapun komoditas lain yang dipantau dan ambil sampel adalah daging ayam yang telah diberi bumbu. Pihaknya ingin memastikan warna yang digunakan warna alami yang aman dan sehat bukan pewarna kimia/tekstil yang berbahaya bagi kesehatan.

"Jika warga ada yang merasa ragu dengan pangan yang dibelinya maka dapat menghubungi petugas Kasatlak Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian yang ada di setiap kecamatan," pungkasnya.(OL-5)

Baca Juga

MI/Andri Widiyanto

Daya Tampung Sekolah di PPDB Kerap Diabaikan, Ini Imbauan Ombudsman Jakarta

👤Hilda Julaika 🕔Kamis 26 Mei 2022, 23:06 WIB
Faktanya, lanjut Dedy, ketentuan daya tampung ini seperti diabaikan oleh beberapa SMA dan SMK milik pemerintah di Provinsi DKI Jakarta dan...
AFP/Luis Robayo

Cegah DBD, Dinkes Kota Bekasi Sarankan 3M Bukan Fogging

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Kamis 26 Mei 2022, 23:00 WIB
Kepala Dinkes Kota Bekasi Tanti Rohilawati menegaskan terkait perkembangan DBD di Kota Bekasi fogging bukan untuk pencegahan tetapi untuk...
MI/Andri Widiyanto

Satu Mobil Formula E Akan Dipamerkan saat HBKB di Jakarta Minggu Nanti

👤Mohamad farhan Zhuhri 🕔Kamis 26 Mei 2022, 21:46 WIB
"Mobil ini akan dipajang dan hanya 1," ujar Ketua Komite Penyelenggara Formula E Jakarta Ahmad...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya