Selasa 05 Januari 2021, 14:36 WIB

Integrasi Tiket MRT dan KRL Ditargetkan Selesai Agustus 2021

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Integrasi Tiket MRT dan KRL Ditargetkan Selesai Agustus 2021

ANTARA/Muhammad Adimaja
Penumpang KRL menunjukkan tiket harian berjamin di Stasiun Cikini, Jakarta, Selasa (9/7).

 

PROSES integrasi transportasi Jabodetabek terus berlangsung. Pada tahun ini, PT MRT Jakarta mengupayakan proses integrasi layanan tiket dan tarif.

Direktur Utama PT MRT Jakarta William P Sabandar mengatakan pihaknya saat ini tengah dalam proses mencari mitra strategis melalui lelang untuk mengintegrasikan tiket MRT dan KRL commuter line. Pihaknya ditugaskan oleh Presiden Joko Widodo untuk melakukan integrasi tersebut.

"Kami akan mengadakan proses beauty contest untuk mencari mitra strategis yang akan bekerja sama untuk melakukan integrasi tersebut," kata William dalam konferensi pers daring, Selasa (5/1).

Dalam kesempatan yang sama, PT MRT Jakarta juga masih dalam proses penghitungan bersama konsultan untuk melakukan akuisisi saham PT KAI Commuter yang saat ini masih menjadi operator KRL commuter line. Integrasi transportasi ini, kata William, akan dilakukan secara korporasi sehingga akuisisi menjadi salah satu langkah yang harus dilakukan.

"Untuk nilai akuisisinya kami belum dapat sampaikan. Oleh karenanya baru akan bisa kami sampaikan nanti menjelang selesai. Dalam penghitungan ini kami berhati-hati dan didampingi oleh konsultan," terangnya.

Ia menargetkan integrasi layanan tarif dan tiket antara MRT Jakarta dan KAI Commuter itu akan selesai pada Agustus tahun ini. Di sisi lain, PT MRT Jakarta telah memberikan mandat kepada anak perusahaannya yakni PT Jaklingko Indonesia untuk menjadi pengelola integrasi layanan tiket berbagai moda di Jabodetabek.

Untuk mengintegrasikan fisik layanan, pihaknya membentuk anak usaha lain yakni PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek (MITJ). PT MITJ dibentuk dengan pola joint venture dengan PT KAI.

"Kami tidak hanya mengintegrasikan tiket tetapi juga layanannya yakni antara kereta api dengan MRT, dengan LRT, dan juga dengan Transjakarta hingga ke unit transportasi mikro. Untuk itu kami membentuk anak perusahaan terpisah agar fokus menangani hal ini. Kami harapkan di Agustus nanti sudah terwujud satu tiket yang bisa digunakan untuk semua moda," papar William. (OL-14)

Baca Juga

dok Master Trust Law

Investasi Raja Koin Indonesia Dilaporkan Nasabahnya

👤RO/Micom 🕔Jumat 28 Januari 2022, 16:03 WIB
Nasabah tidak bisa mencairkan cek karena rekening PT MTI telah...
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

DPRD DKI Kritik Studi Banding Jakpro Soal Formula E ke Arab Saudi

👤Hilda Julaika 🕔Jumat 28 Januari 2022, 15:39 WIB
Karena harga tiket di Arab Saudi pasti jauh lebih mahal dari Jakarta untuk kelas tiket yang sama, sehingga menurutnya tidak ada gunanya ke...
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

Petani Desa Bojong Koneng Puluhan Tahun Garap Lahan Sentul

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 15:30 WIB
Di atas lahan seluas 3 hektare, warga menggarap lahan itu untuk bercocok tanam pertanian dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya