Senin 26 Oktober 2020, 14:54 WIB

Cegah Pelajar Ikut Demo, Kapolda Metro Minta Sekolah Gelar Ujian

Rahmatul Fajri | Megapolitan
Cegah Pelajar Ikut Demo, Kapolda Metro Minta Sekolah Gelar Ujian

Antara
Ilustrasi

 

SEKOLAH  diminta untuk menggelar ujian mencegah pelajar ikut aksi unjuk rasa atau demo.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana mengatakan pelajar dari bangku SD hingga SMA atau SMK harus diberikan kegiatan bermaanfat ketimbang terlibat pada aksi demo UU Cipta Kerja beberapa waktu lalu yang berujung pada kerusuhan.

Hal itu ia sampaikan setelah bertemu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Dinas Pendidikan DKI Jakarta dan Jawa Barat, serta perwakilan kepala sekolah se-Jabodetabek di Polda Metro Jaya, Senin (26/10).

"Mereka harus diberikan kegiatan apakah bentuknya ekstrakurikuler, bisa juga ujian harian, di samping tentunya juga ada pengawasan dari orang tua," kata Nana.

Selain itu, Nana mengatakan sekolah juga perlu menekankan kembali pengetahuan Pancasila dan kegiatan ekstrakurikuler yang mengarah pada pembentukan karakter. Sehingga, para pelajar tak mudah terhasut oleh pihak-pihak yang ingin memanfaatkan mereka berbuat rusuh.

Baca juga : Besok, Polisi akan Periksa 8 Tersangka Kebakaran Kejagung

"Tentunya kami mengharapkan unruk menekankan kembali ekstrakurikuler yang mengarah kepada pembentukan karakter. Lalu, pengetahuan Pancasila, supaya para pelajar ini tidak terhasut dengan mengarah kepada masalah-masalah pidana," kata Nana.

Nana mengatakan pihaknya tak ingin lagi ada pelajar yang turut diamankan terkait dengan demo penolakan UU Cipta Kerja di Jakarta beberapa waktu lalu berakhir rusuh. Ia mengatakan sejauh ini pihaknya telah mengamankan 2.662 orang dengan rincian 70% merupakan pelajar dari dalam dan luar Jakarta.

"Ada yang dari Bogor, Sukabumi, Subang, Indramayu, Bekasi, Tangerang, dan Cirebon. Dari 2667, ada 143 orang yang menajdi tersangka dan 67 orang kami tahan. Dari 67 ditahan, 31 orang itu pelajar," kata Nana.

"Tentunya kami ingin mencari solusi jangan sampai pelajar dimanfaatkan kelompok anti-kemapanan dan kemudian jadi salah arah," kata Nana.(OL-2)

 

Baca Juga

MI/Faustinus Nua

Tim Pemburu Covid-19 Bubarkan Kerumunan di Tempat Hiburan Malam

👤Faustinus Nua 🕔Minggu 06 Desember 2020, 05:52 WIB
Setelah kerumunan pengunjung dibubarkan, tim pun menyegel tempat hiburan malam tersebut selama 3 x 24 jam. Pembubaran berjalan dengan...
antara

Kenaikan Pendapatan DPRD DKI untuk Kegiatan Masyarakat

👤 (Hld/Ant/J-1) 🕔Minggu 06 Desember 2020, 05:20 WIB
KETUA DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menegaskan bahwa Rencana Kerja Tahunan (RKT) yang beredar di masyarakat tidak benar dan...
Dok MI

Jakarta Diprediksi Hujan Mulai Minggu Pagi

👤Ant 🕔Minggu 06 Desember 2020, 05:00 WIB
Pada malam hari, langit Jakarta didominasi berawan, kecuali wilayah Kepulauan Seribu yang diguyur hujan berintensitas...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya