Selasa 30 Juni 2020, 12:04 WIB

Hari Bhayangkara ke-74, Lahir 1 Juli Dapat SIM Gratis

Mathias S Brahmana | Megapolitan
 Hari Bhayangkara ke-74, Lahir 1 Juli Dapat SIM Gratis

Dok.Mabes Polri
Seorang warga tengah membuat surat izin mengemudi di Satpas SIM Polres Tangerang Kota, Selasa (30/06)

 

SEBANYAK 4.308 warga yang lahir pada 1 Juli akan mengikuti program Surat Izin Mengemudi (SIM) gratis bertepatan dengan Hari Bhayangkara ke-74.

Kebijakan SIM gratis ini tertuang dalam Surat Telegram Rahasia (TR) Kapolri Jenderal Idham Azis bernomor ST/1671/VI/YAN.1.1./2020 tanggal 12 Juni 2020 yang ditandatangani oleh Kakorlantas Irjen Pol Istiono. 

Telegram itu berisi perintah agar pelayanan penerbitan SIM di Satpas setiap wilayah seluruh Indonesia memberikan pelayanan khusus dalam rangka Hari Bhayangkara ke-74.

Namanya juga pembuatan SIM gratis, masyarakat tidak akan dikenai biaya pembuatan SIM atau Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). 

"Pemberian pelayanan bebas biaya pembuatan SIM ini hanya untuk warga yang lahir tanggal 1 Juli atau bertepatan dengan Hari Bhayangkara," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono ketika dikonfirmasi, Selasa (30/6).

Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Polri Brigjen Pol Yusuf menjelaskan layanan SIM gratis hanya untuk SIM A dan SIM C. Syaratnya membawa e-KTP asli dan fotokopi, lulus tes kesehatan, lulus ujian teori dan praktik, serta membawa SIM asli bagi yang mengajukan perpanjangan.

"Sampai saat ini jumlah warga yang sudah mendaftar progran SIM gratis sebanyak 4.308 orang di seluruh Indonesia," kata Yusuf.

Baca juga: Pengedar Narkoba ke Artis Ridho Ilahi Diringkus

Seluruh satpas di lingkungan polres mengaku bersiap menjalankan program tersebut. Seperti yang dilakukan Polres Kobar, Kalimantan Tengah. Satuan Lalu Lintas Polres Kobar menyiapkan doorprize menarik berupa dua unit ponsel bagi pendaftar SIM gratis.

"Untuk masyarakat yang telah mendaftar dan mengikuti program layanan SIM Gratis dan telah memenuhi syarat akan kami berikan doorprize handphone bagi pendaftar yang beruntung,” kata Kasatlantas Polres Kobar AKP Marsono.

Pihaknya berharap adanya pelayanan SIM gratis dan doorprize lebih menarik minat masyarakat dan selalu berprilaku tertib dalam berlalu lintas di jalan raya. 

“Ayo tertib berlalu lintas dimulai dengan melengkapi surat menyurat kendaraan dan pengguna,” lanjutnya.

Polres Pandeglang, Banten, juga menyiapkan undian berhadiah menarik berupa sepeda. Jika tidak beruntung, pemohon SIM yang sudah terdaftar mendapatkan souvenir menarik.

"Setelah membuat SIM baru mereka langsung mengambil kertas undian di tempat yang sudah kami sediakan. Jika kurang beruntung tetap mendapatkan souvenir," imbuh Kasatlantas Polres Pandeglang Iptu Riska Tri Arditia. (A-2)

Baca Juga

Antara

Positivity Rate di DKI Makin Turun, Kini Hanya 0,6%

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 20:20 WIB
Pemprov DKI terus menggencarkan vaksinasi covid-19. Untuk vaksin dosis pertama sudah mencapai 10,79 juta orang dan dosis kedua menyasar...
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Polisi: Utang Rp1 Juta di Pinjol Ilegal Membengkak jadi Rp50 Juta

👤zaenal arifin 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 20:10 WIB
Masyarakat yang menjadi korban pinjol ilegal mengalami ganguan kejiwaan setelah mengetahui total pinjaman yang harus dibayar berkali-kali...
Antara/Indiranto Eko Suwarso

Tunggu Keputusan Pemerintah Pusat, Monas Belum Dibuka untuk Wisatawan 

👤Selamat Saragih 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 18:29 WIB
Dia menambahkan, saat ini UPT Monas sedang menunggu keputusan pemerintah untuk diizinkan kembali...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Sukses PON Papua 2021 Pemerataan Pembinaan di Seluruh Pelosok Negeri

Sukses prestasi ditandai dengan tercipta banyak rekor meski penyelenggaraan multiajang olahraga terakbar Tanah Air itu digelar di masa pandemi covid-19.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya