Rabu 24 Juni 2020, 13:15 WIB

Polda Metro Gelar Prarekonstruksi Rencana Pembunuhan Nus Kei

Tri Subarkah | Megapolitan
 Polda Metro Gelar Prarekonstruksi Rencana Pembunuhan Nus Kei

MI/PIUS ERLANGGA
Tersangka kejahatan John Kei dan anak buahnya dihadirkan saat rilis di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (22/6).

 

DIREKTORAT Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya menggelar prarekontruksi perencanaan dan permufakatan pembunuhan Nus Kei yang dilakukan oleh Kelompok John Kei hari ini, Rabu (24/6).

Ada tiga TKP yang direkonstruksi oleh pihak kepolisian, yakni TKP Kelapa Gading, TKP Perumahan Titian Indah, Bekasi, serta TKP Arcici Sport Center, Cempaka Putih. 

Ketiga TKP tersebut merupakan lokasi sebelum John Kei dan anak buahnya melakukan penganiayaan di Kosambi dan penyerqngan rumah Nus Kei di Cipondoh Tangerang.

Pihak kepolisian menggelar rangkaian prarekonstruksi tersebut di halaman Gedung Ditreskrimum PMJ. Di TKP Kelapa Gading, anak buah John Kei yang dipimpin oleh Daniel Farfar memimpin rapat rencana pembunuhan terhadap Nus Kei. Pertemuan di Kelapa Gading berlangsung pada Minggu (14/6).

Di Perumahan Titian Indah, John Kei bertemu anak buahnya pada Sabtu (20/6), sehari sebelum penganiayaan di Kosambi dan penyerangan rumah Nus Kei di Cipondoh, Tangerang. Di sana, John Kei memberikan arahan kepada anak buahnya dalam rencana pembunuhan Nus Kei.

Dalam reka adegan tersebut, John Kei yang diperankan oleh peran pengganti bertanya kapada anak buahnya, "Apa hukuman bagi seorang pekhianat?"

Secara serempak, anak buah John Kei menjawab, "Mati!"

Baca juga: Hari Ini Polisi Gelar Rekonstruksi Kasus John Kei

Adegan berikutnya yang direkonstruksi adalah di TKP Arcici Sport Center, Cempaka Putih pada Minggu (21/6) sekira pukul 11.00 WIB, beberapa jam sebelum kelompok John Kei melakukan penyerangan. Pertemuan di sana kembali dipimpin oleh tersangka Daniel.

Beberapa adegan di Arcici menggambarkan bagaimana Daniel memberikan arahan kepada anak buah John Kei lainnya sebelum melakikan penyerangan. Adegan tersebut antara lain pembacaan peran masing-masing tersangka penyerangan dan pembagian kendaraan serta senjata tajam.

Kendaraan yang dikerahkan untuk melakukan penyerangan berjumlah enam unit mobil. Lima mobil dikerahkan menyerang rumah Nus Kei di Cluster Australia, Cipondoh, Tangerang. Sedangkan satu unit lainnya menuju Kosambi.

Wadirkrimum PMJ AKBP Jean Calvijn Simanjuntak meyebut ada 14 adegan yang direkonstruksi sebelum penyerangan kelompok John Kei. Menurut Calvin, prarekonstruksi tersebut dilakukan untuk menckcokan antara fakta di lapangan dengan hasil BAP.

"Prarekonstruksi kita lakukan untuk penyesuaian antara fakta di lapangan dengan hasil BAP para saksi dan para tersangka yang kita sudah tuangkan dalam BAP," papar Calvjin.

Lokasi prarekonstruksi yang akan digelar berikutnya berlokasi di Cipondoh, Tangerang dan Kosambi, Jakarta Barat.

"Setelah itu kita akan lanjut dua lokasi lainnya di Kosambi dan Cluster Perumahan," pungkas Calvijn. (A-2)

Baca Juga

Antara

Ini Alasan Bharada E Tembak Brigadir J Pakai Senjata Brigadir RR

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 23:20 WIB
Setelah itu, Ferdy Sambo mengambil senjata milik Brigadir J dan menembakkannya ke dinding...
MI/RAMDANI

Ada Aksi Buruh, Hindari Kawasan Senayan dan DPR RI Besok

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 23:10 WIB
Berdasarkan informasi yang dihimpun, aksi buruh digelar oleh Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) dengan titik kumpul di bawah flyover...
DOK.MI

Polisi Gelar Rekonstruksi Pembunuhan Terapis Pijat di Hotel Senen

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 23:05 WIB
Rekonstruksi yang terdiri atas 54 adegan dari kasus tersebut mengurai peristiwa dari pelaku datang ke hotel hingga peristiwa pembunuhan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya