Rabu 24 Juni 2020, 07:31 WIB

Klaim tak Ada Lonjakan Covid-19, Anies: Secara Umum Taat Aturan

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Klaim tak Ada Lonjakan Covid-19, Anies: Secara Umum Taat Aturan

MI/Fransisco Carolio Hutama Gani
Pengunjung menggunakan masker menyambangi Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Selasa (16/6/2020).

 

SUDAH dua pekan, pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi berjalan. Pemprov DKI pun  sudah melakukan evaluasi atas kebijakan tersebut.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan setelah melewati waktu dua pekan, tidak ada lagi lonjakan kasus covid-19 yang berarti. Sehingga PSBB Transisi bisa terus berjalan hingga akhir Juni.

Sebelumnya, ia pernah mengatakan apabila terjadi lonjakan kasus, PSBB Transisi bisa dihentikan kapan saja dan akan kembali ke PSBB pratransisi.

"Kalau kita liat data epidemiologi tidak ada lonjakan. Kita melakukan transisi mulai 5 juni. Nah, sekarang sudah tanggal 23. Kemarin kita terima laporan setelah jalan dua minggu. Ternyata setelah dua minggu tidak ada lonjakan berarti," kata Anies di Balai Kota, Selasa (23/6).

Menurutnya, tidak adanya lonjakan kasus juga bisa dikatakan sebagai dampak dari kepatuha nmasyarakat Jakarta terhadap aturan PSBB Transisi.

"Meskipun ada kasus pelanggaran tapi secara umum masyarakat Jakarta menaati protokol. Apakah semua? Tidak. Ada pelanggaran. Tapi secara umum menaati," terangnya.

Baca juga: Kasus Covid-19 Jakarta Tembus 10 Ribu Kasus

Untuk itulah, ia akan tetap mengawasi ketat jalannya sisa PSBB Transisi fase 1 hingga akhir bulan ini. Bahkan kemarin, Anies meresmikan ASN petugas penegak aturan PSBB Transisi yang akan membantu personel Satpol PP.

Pengawasan ini untuk mendorong peningkatan kepatuhan masyarakat terhadap aturan PSBB transisi.

"Tapi kalau kita tidak awasi akan terjadi lonjakan yang terlihat di data epidemiologi. Kita lihatnya secara total," pungkasnya.(put)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Alhamdulillah 83,34% Wilayah DKI Jakarta Masuk Zona Hijau

👤Hilda Julaika 🕔Senin 08 Maret 2021, 10:39 WIB
Sebanyak 83,34%  wilayah di DKI Jakarta merupakan zona hijau, 16,51% zona kuning, 0,13% zona oranye, dan masih ada 0,02% yang masuk ke...
MI/M Irfan

GBK Jadi Sentra Vaksinasi Covid-19 Untuk Lansia

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Maret 2021, 10:09 WIB
Arena olahraga bersejarah di ibu kota, Istora Senayan, Jakarta siap menggelar Sentra Vaksinasi covid-19 bersama bagi kalangan...
MI/Susanto

Tingkat Kesembuhan dari Covid-19 di DKI Jakarta 96,3 persen

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Maret 2021, 09:02 WIB
Pasien sembuh dari infeksi virus covid-19 di DKI Jakarta mencapai 337.426 orang atau 96,3 persen dari jumlah kasus positif covid-19...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya