Minggu 24 Mei 2020, 10:11 WIB

Ada PSBB, Beberapa Masjid di Senayan tidak Gelar Salat Id

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Megapolitan
Ada PSBB, Beberapa Masjid di Senayan tidak Gelar Salat Id

MI/ANDRI WIDIYANTO
Warga menjalankan Salat Id berjamaah bersama keluarga dan kerabat dekat di depan rumahnya di Kawasan pekayon, Jakarta Timur, Minggu (24/5).

 

ADANYA kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) terkait pandemi covid-19 membuat beberapa masjid di sekitar Senayan dan Kebayoran Lama, Jakarta Barat memilih tidak menggelar salat Idulfitri 1441 Hijriah.

Salah satunya ialah Masjid Al-Ikhlas yang terletak di Jalan Mesjid, Patal Senayan, Grogol Utara, Jakarta Selatan, yang meniadakan kegiatan Salat Id dan warganya memilih salat di rumah masing-masing.

"Lebaran kali ini tidak ada kegiatan karena adanya virus korona (covid-19)," ucap pengurus Masjid Al-Ikhlas, Sardi, kepada Media Indonesia, Minggu (24/5).

Baca juga: Masuk Zona Hijau, Masjid di Bintara Gelar Salat Id

Masjid Al-Anwar di Kebayoran Lama dan Masjid Jami At-Taqwa yang berada di Pesanggaran, Jakarta Selatan, juga memutuskan tidak menggelar Salat Id.

Salah satu warga Kebayoran Lama, Kukuh, mengapresiasi langkah DKM Masjid yang mengambil sikap meniadakan aktivitas Salat Id di kala adanya pandemi.

"Sedih memang enggak kayak tahun-tahun sebelumnya bisa Salat Id berjamaah. Tapi ini upaya yang baik untuk mengurangi penyebaran korona," ujar Kukuh kepada Media Indonesia.

Namun, beberapa masjid di daerah Srengseng, Jakarta Barat, masih menggelar Salat Id berjamaah.

Para jemaah yang salat terpantau menggunakan masker saat menunaikan ibadah.

"Di Ciputat juga ramai yang salat kok. Soalnya kan masjid kecil," ujar salah satu jamaah yang mengikuti Salat Id berjamaah.

Sebelumnya, Masjid Istiqlal yang merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara telah memutuskan meniadakan kegiatan keagamaan. Salah satunya ialah tidak mengadakan Salat Id berjamaah. (OL-1)

Baca Juga

ANTARA

Pengunjung di Bawah 12 Tahun Sudah Boleh Masuk TMII

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 18:55 WIB
pengunjung anak di bawah usia 12 tahun juga tetap harus mengikuti persyaratan yaitu didampingi oleh orang tua yang sudah menerima vaksin...
Antara/Hafidz Mubarak.

Area Publik, Taman Umum, Tempat Wisata Jakarta Dibuka 25% Kapasitas

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 17:25 WIB
Adapun pelonggaran di tempat wisata dan taman itu di antaranya jam operasional hingga pukul 21.00...
MI/Bary Fathahilah

Rawan Tumbang, 2 Ribu Pohon di Depok Dipangkas

👤Kisar Rajaguguk 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 17:08 WIB
Kepala Bidang Tata Lingkungan dan Konservasi DLHK Kota Depok, Indra Kusuma, menyampaikan ada 2 ribu pohon rindang di Kota Depok...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rakyat Kalimantan Selatan Menggugat Gubernur

Sebanyak 53 warga terdampak bencana banjir dari sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan menggugat Gubernur Sahbirin Noor.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya