Kamis 12 Januari 2023, 21:01 WIB

11.300 Penerbangan AS Terhenti karena Kerusakan Sistem

Cahya Mulyana | Internasional
11.300 Penerbangan AS Terhenti karena Kerusakan Sistem

AFP/David Mcnew.
Boeing 787 Dreamliner yang dioperasikan oleh United Airlines lepas landas di Bandara Internasional Los Angeles.

 

AMERIKA Serikat menyelidiki kerusakan sistem navigasi Administrasi Penerbangan Federal (FAA). Kegagalan sistem itu menyebabkan penghentian 11.300 jadwal penerbangan di seluruh wilayah Paman Sam.

Operasional angkutan udara diharapkan kembali normal pada Kamis (12/1). Sesuai perintah Presiden Joe Biden otoritas setempat akan mengungkap duduk masalah terbesar di dunia angkutan udara selama dua dekade terakhir ini.

Maskapai besar seperti Delta Air Lines, United Airlines, dan Southwest Airlines tidak dapat menerbangkan satu pun pesawat untuk mengangkut penumpang. Kegagalan sistem FAA mematikan peringatan keselamatan kepada pilot tentang seperti potensi bahaya seperti penutupan landasan pacu, pemadaman peralatan, dan konstruksi.

Pejabat FAA mengatakan penyebab sementara insiden ini diakibatkan kerusakan file database. Tidak ada serangan peretas dari peristiwa ini.

Ketua Komite Perdagangan Senat AS Maria Cantwell mengatakan panel akan menyelidiki kekacauan ini. Senator Republik Ted Cruz menyebut kegagalan itu sama sekali tidak dapat diterima.

Mantan Kepala Penasihat FAA Arjun Garg mengatakan bahwa terlalu dini untuk menarik kesimpulan tentang penyebab peristiwa tersebut. FAA berhak menghentikan penerbangan jika sistem keselamatan tidak beroperasi.

Garg mengatakan insiden itu adalah pengingat bahwa FAA untuk mengevaluasi sistem keselamatan secara keseluruhan. "Kesehatan lembaga itu dan kemampuannya untuk menjalankan misinya sangat penting bagi dunia penerbangan," katanya.

Senat belum mengadakan dengar pendapat terkait pemilihan kepala FAA yang diusulkan Presiden Joe Biden. Kepala Eksekutif Bandara Internasional Denver Phil Washington, yang dicalonkan kembali untuk memimpin badan tersebut. (CNA/OL-14)

Baca Juga

AFP/Abdul MAJEED

Ledakan di Masjid di Pakistan Tewaskan 61 Orang

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 31 Januari 2023, 05:11 WIB
Ledakan itu terjadi saat salat magrib di ibu kota Peshawar di area yang berada dekat dengan perbatasan...
Antara

Menlu: Meski Sulit, RI Berkomitmen Dorong Perdamaian di Myanmar

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 30 Januari 2023, 22:02 WIB
Indonesia siap mengedepankan strategi dialog dengan pihak yang terlibat konflik di Myanmar. Kekuatan ASEAN diharapkan menfasilitasi dialog...
AFP/Azwar Ipank.

Kasus Rasmus Paludan, Indonesia Panggil Dubes Swedia Kampanyekan Pluralisme

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 30 Januari 2023, 20:52 WIB
Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri sudah menyampaikan secara langsung sikap terkait aksi tidak terpuji yang dilakukan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya