Kamis 29 Desember 2022, 18:48 WIB

Ukraina Diserang Rentetan Rudal Baru Rusia

Ferdian Ananda Majni | Internasional
Ukraina Diserang Rentetan Rudal Baru Rusia

ANTARA
Ilustrasi.

 

RENTETAN baru serangan Rusia menghantam Ukraina pada hari Kamis (29/12), melukai sedikitnya tiga orang termasuk seorang remaja di Kyiv dan memutus aliran listrik di barat.

Pada Kamis pagi, ledakan dilaporkan terjadi di seluruh negara yang luas termasuk di ibu kota Ukraina, kota kedua Kharkiv di timur dan kota barat Lviv di perbatasan dengan Polandia.

Baca juga: Malaysia Janji Lindungi Buruh Migran Indonesia hingga Dukung IKN Nusantara

Sebagian besar Lviv, di mana serangan Rusia masih jarang terjadi, dibiarkan tanpa listrik, kata walikota Andriy Sadoviy.

"Musuh menyerang Ukraina dari berbagai arah dengan rudal jelajah berbasis udara dan laut dari pesawat dan kapal strategis," kata angkatan udara Ukraina di media sosial.

Pembantu presiden Mykhaylo Podolyak mengatakan bahwa lebih dari 120 rudal telah ditembakkan oleh dunia Rusia yang jahat untuk menghancurkan infrastruktur kritis dan membunuh warga sipil secara massal.

"Kami sedang menunggu proposal lebih lanjut dari penjaga perdamaian," tulisnya ironis di Twitter.

Serangan itu terjadi 10 bulan setelah serangan Moskow di Ukraina di mana serangan Rusia telah menghancurkan jaringan energi negara itu, menyebabkan jutaan orang dalam keadaan dingin dan gelap di tengah musim dingin.

Walikota Kyiv Vitali Klitschko mengatakan bahwa setidaknya tiga orang terluka dalam serangan itu, termasuk seorang gadis berusia 14 tahun.

Dia memperingatkan potensi pemadaman listrik dan meminta warga untuk menimbun air.

Dua rumah pribadi terkena pecahan rudal yang jatuh di timur ibu kota sementara sebuah perusahaan industri dan taman bermain rusak di barat daya kota, kata pejabat setempat.

Di timur, serangkaian ledakan menghantam kota kedua Ukraina, Kharkiv, kata walikota Igor Terekhov.

Gubernur Oleg Synegubov mengatakan "infrastruktur kritis" menjadi sasaran di wilayah Kharkiv dan kota utamanya di mana empat rudal menghantam lingkungan timur dan selatan.

Di kota bersejarah Lviv, walikota Sadoviy memperingatkan potensi pemotongan air.

Gubernur Lviv Maksim Kozytski mengatakan bahwa pertahanan udara sedang bekerja dan meminta warga untuk tinggal di tempat perlindungan.

Di selatan, Gubernur Odessa Maksym Marchenko mengatakan pertahanan udara menembak jatuh 21 rudal di wilayah tersebut.

"Pecahan salah satu rudal musuh jatuh menimpa bangunan tempat tinggal, untungnya tidak ada korban jiwa," katanya.

Dia menambahkan bahwa ada kerusakan infrastruktur energi dan pemadaman listrik darurat diberlakukan di wilayah tersebut.

Moskow mengatakan serangan terhadap infrastruktur Ukraina merupakan tanggapan atas ledakan di jembatan Kerch yang menghubungkan daratan Rusia ke semenanjung Krimea yang dianeksasi oleh Moskow pada 2014.

Kremlin mengatakan pihaknya menganggap Kyiv pada akhirnya bertanggung jawab atas dampak kemanusiaan dari serangan itu karena menolak menyerah pada persyaratan negosiasi Rusia.

Pada hari Rabu, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan dia yakin Moskow akan mencapai tujuannya di Ukraina cepat atau lambat berkat kesabaran dan ketekunannya.

"Kami tidak terburu-buru," katanya.

Dia menegaskan kembali sikap Moskow bahwa untuk melanjutkan pembicaraan Kyiv harus mengakui aneksasi oleh Rusia dari empat wilayah Ukraina.

"Prioritas mutlak kami adalah empat wilayah baru Rusia," kata Lavrov.

Sumber-sumber intelijen dan militer Barat mengatakan bahwa Rusia sedang berjuang untuk memenuhi kebutuhan persenjataan untuk invasi, tetapi Moskow menolak.

"Kami tidak akan pernah kehabisan Kalibr," kata kementerian pertahanan Rusia di aplikasi perpesanan Telegram, mengacu pada rudal jelajah yang digunakan untuk menyerang Ukraina. (AFP/OL-6)

Baca Juga

dok.AFP

Tentara dan Polisi Bersihkan Jalan dari Pengunjuk Rasa Peru

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 27 Januari 2023, 13:25 WIB
PEMERINTAH Peru mengerahkan polisi dan tentara untuk membongkar penghalang di jalan raya untuk memperlancar distribusi bahan pokok dan...
AFP

Jepang Perketat Sanksi terhadap Rusia dan Perluas Daftar Larangan Ekspor

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 27 Januari 2023, 11:49 WIB
Mereka menambahkan beberapa barang ke dalam daftar larangan ekspor dan membekukan aset-aset para pejabat dan entitas-entitas...
Alaa BADARNEH / POOL / AFP

Presiden Palestina Umumkan Berkabung Nasional Atas Peristiwa di Kamp Jenin

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 09:15 WIB
Presiden Palestina Mahmoud Abbas pada Kamis (26/1) mengumumkan hari berkabung nasional selama tiga hari bagi warga Palestina yang tewas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya