Jumat 11 November 2022, 13:08 WIB

Arab Saudi Kembali Terapkan Hukuman Mati untuk Terpidana Narkoba

Cahya Mulyana | Internasional
Arab Saudi Kembali Terapkan Hukuman Mati untuk Terpidana Narkoba

AFP
Pemandangan Kota Mekah, Arab Saudi, dari udara.

 

Arab Saudi telah mengeksekusi mati dua warga negara Pakistan karena menyelundupkan narkoba. Hukuman yang menuai kecamatan Amnesty Internasional ini merupakan kali pertama ditetapkan kepada terpidana narkoba sejak dimoratorium sejak Januari 2021.

Eksekusi mati itu dijalankan di ibu kota Arab Saudi, Riyadh. "Eksekusi mati ini mendemonstrasikan ketegasan pemerintah untuk memerangi segala jenis narkoba karena bahaya yang ditimbulkan bagi individu juga masyarakat," ungkap pernyataan pemerintah Arab Saudi.

Tidak diungkapkan bagaimana ekskusi mati itu dijalankan namun hukuman mati di Arab Saudi biasanya dilakukan dengan pemegalan. Arab Saudi mendapatkan kecaman dunia internasional pada Maret lalu ketika mengeksekusi mati 81 orang dalam tempo sehari atas dakwaan terorisme.

Sejauh ini, sebanyak 128 eksekusi mati telah dijalankan di Arab Saudi pada tahun ini, hampir dua kali lipat dari 69 eksekusi mati pada tahun lalu. "Peningkatan jumlah eksekusi mati itu mengungkapkan wajah asli pemerintah Arab Saudi, yang selama ini bersembunyi dibalik apa yang mereka sebut agenda reformasi progresif kepada dunia," ujar Wakil Direktur Amnesty International untuk kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara, Diana Semaan. (AFP/OL-12)

Baca Juga

AFP/Jack Taylor.

Tips Liburan ke Thailand Low Budget, Pemula Merapat

👤Meilani Teniwut 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 16:20 WIB
Supaya liburan kamu tetap terasa aman dan nyaman, simak selengkapnya di bawah ini, ya! Happy...
FAZRY ISMAIL / POOL / AFP Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim

Anwar Ibrahim Umumkan 28 Pembantunya untuk Stabilitas Politik

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 13:56 WIB
Perdana Menteri (PM) ke-10 Malaysia Anwar Ibrahim merangkap jabatan sebagai Menteri Keuangan. Keputusan itu terungkap dari susunan...
AFP

Snowden Senang dapat Paspor Rusia

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 13:49 WIB
Eks mata-mata Amerika Serikat (AS) Edward Snowden telah menerima paspor Rusia setelah bersumpah setia kepada negara barunya itu sejak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya