Senin 31 Oktober 2022, 12:42 WIB

Rusia Tuduh Suku Cadang Buatan Kanada dalam Drone yang Targetkan Kapal di Krimea

Ferdian Ananda Majni | Internasional
Rusia Tuduh Suku Cadang Buatan Kanada dalam Drone yang Targetkan Kapal di Krimea

AFP/Yuri Kadobnov
Ilustrasi: Tembok Kremlin di Moskwa.

 

Pesawat nirawak yang digunakan untuk menyerang kapal Rusia di Laut Hitam di Krimea dilengkapi dengan suku cadang buatan Kanada dan digunakan dalam sistem navigasi tersebut, seperti dilaporkan kementerian pertahanan Rusia.

Dikatakan 16 pesawat nirawak Ukraina menyerang armada di Laut Hitam di Semenanjung Krimea yang dicaplok pada Sabtu pagi. Rusia mengatakan angkatan lautnya menolak serangan di teluk Sevastopol.

Militer Rusia melakukan pemeriksaan modul navigasi buatan Kanada yang ditemukan di kendaraan udara tak berawak yang ditembak jatuh.

“Menurut hasil informasi yang diperoleh dari memori penerima navigasi, ditetapkan bahwa peluncuran drone maritim dilakukan dari pantai dekat kota Odesa,” kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan, Minggu.

Pesawat nirawak dilaporkan bergerak di sepanjang zona aman koridor gandum, sebelum mengubah arah menuju pangkalan angkatan laut Rusia di kota terbesar di Semenanjung Krimea, Sevastopol.

Kementerian pertahanan mengatakan salah satu pesawat tak berawak mungkin telah diluncurkan dari atas salah satu kapal sipil yang disewa oleh Kyiv atau majikan Baratnya untuk ekspor produk pertanian dari pelabuhan Ukraina.

Rusia menuduh Kyiv merencanakan serangan Sevastopol dengan bantuan spesialis militer Inggris. Inggris membantah tuduhan itu.

Bulan lalu, jembatan utama yang menghubungkan Krimea ke daratan Rusia sebagian rusak akibat ledakan yang ditudingkan oleh Moskow oleh Ukraina. Kyiv telah membantah perannya dalam serangan yang telah menarik pembalasan Rusia.

Rusia sejak itu melakukan serangan udara dan pesawat tak berawak besar-besaran di seluruh Ukraina, merusak lebih dari sepertiga infrastruktur listriknya. (AFP/OL-12)

Baca Juga

ROBERTO SCHMIDT / AFP

Emmanuel Macron: Kebijakan Perdagangan AS Banyak Rugikan Prancis

👤mediaindoneis 🕔Kamis 01 Desember 2022, 11:56 WIB
Presiden Prancis Emmanuel Macron menyampaikan banyak regulasi AS yang merugikan...
AFP

Mantan PM Australia Dikecam Scott Morrison Perlemen

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 11:00 WIB
Parlemen Australia pada Rabu (30/11) mengecam mantan Perdana Menteri Scott Morrison setelah penyelidikan menilai perannya secara diam-diam...
AFP

Kapal Induk AS, USS Abraham Lincoln Terbakar

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 01 Desember 2022, 10:35 WIB
Kebakaran terjadi di atas kapal induk Amerika Serikat (AS) di lepas pantai California. Kebakaran ini melukai enam orang sebelum dipadamkan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya