Selasa 16 Agustus 2022, 22:32 WIB

India Puji Ketangguhan Indonesia Hadapi Krisis

India Puji Ketangguhan Indonesia Hadapi Krisis

Antara
Dubes India untuk RI Manoj Kumar Bharti.

 

INDONESIA dinilai telah menunjukkan ketangguhannya dalam melawan tekanan dan krisis di dunia, kata Duta Besar India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti.

"Indonesia telah terbukti sebagai negara yang sepenuhnya demokratis dan telah maju dengan cara yang paling berpengaruh dan penting di dunia saat ini," ujar Manoj Kumar Bharti, Selasa (16/8)

Ia berbicara usai menghadiri Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa (16/8).

Dubes Bharti mengatakan Indonesia tampil sebagai negara kuat yang bisa menentukan masa depannya sendiri.

Ia juga mengucapkan selamat kepada pemerintah dan rakyat Indonesia yang akan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT)  Kemerdekaan ke-77 Indonesia pada 17 Agustus 2022.

"Atas nama rakyat India, dan atas nama Pemerintah India, saya mengucapkan selamat yang sebesar-besarnya kepada pemerintah Indonesia dan rakyat Indonesia atas peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-77," tandasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat berpidato pada sidang tahun itu mengatakan kepercayaan internasional meningkat tajam kepada Indonesia.

Indonesia, ujarnya, diterima oleh Rusia dan Ukraina sebagai jembatan perdamaian serta diterima oleh negara-negara besar kendati keadaan geopolitik sedang panas. 

"Indonesia juga dipercaya PBB sebagai Champions dari Global Crisis Response Group untuk penanganan krisis global. Tahun 2022 ini, kita menjadi Presiden G20, organisasi 20 negara ekonomi terbesar di dunia," kata dia.

Tahun depan, Indonesia menjadi Ketua ASEAN. Artinya, kata Jokowi, Indonesia berada di puncak kepemimpinan global dan memperoleh kesempatan besar untuk membangun kerja sama internasional. (OL-8)

Baca Juga

AFP/Jung Yeon-je

Korut Tembakkan Rudal Balistik

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 25 September 2022, 08:12 WIB
Uji coba pada Minggu itu merupakan yang terbaru yang dilakukan Pyongyang pada tahun ini setelah 'Negeri Juche' itu juga sempat...
AFP

Rusia Tahan 750 Warga yang Tolak Mobilisasi

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 25 September 2022, 06:25 WIB
Polisi dikerahkan di kota-kota tempat protes dijadwalkan oleh kelompok oposisi Vesna dan pendukung pemimpin oposisi yang dipenjara Alexei...
AFP/ROYAL COLLECTION TRUST

Batu Nisan Ratu Elizabeth II Ditempatkan di Istana Windsor

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 25 September 2022, 06:15 WIB
Batu nisan berupa marmer berwarna hitam itu ditempatkan di lantai dan bertuliskan tanggal lahit dan tanggal kematian ratu yang berkuasa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya