Kamis 21 Juli 2022, 15:32 WIB

Wickremesinghe Larang Demonstrasi

Cahya Mulyana | Internasional
Wickremesinghe Larang Demonstrasi

AFP/Arun
Presiden Sri Lanka Ranil Wickremesinghe

 

PRESIDEN Sri Lanka Ranil Wickremesinghe menyampaikan akan menangkap dan membawa para demonstran ke meja hijau. Ancaman itu dilontarkan usai kekerasan dan penolakan dirinya dilantik sebagai kepala negara baru Sri Lanka.

“Jika Anda mencoba menggulingkan pemerintah, menduduki kantor presiden dan kantor perdana menteri, itu bukan demokrasi. Itu bertentangan dengan undang-undang,” kata Wickremesinghe.

Ia mengaku telah memeriksa pihak keamanan untuk bersikap tegas terhadap para demonstran. Rakyat Sri Lanka dilarang mengintervensi pemerintahannya.

“Kami akan menindak tegas mereka sesuai hukum. Kami tidak akan membiarkan minoritas pengunjuk rasa menekan aspirasi mayoritas diam yang menuntut perubahan dalam sistem politik,” tuturnya.

Baca juga:  Rakyat Sri Lanka Tolak Ranil Wickremesinghe Jadi Presiden

Sebelumnya, Wickremesinghe sudah menyatakan keadaan darurat nasional. Dirinya juga menyebut pengunjuk rasa sebagai fasis dan menunjukkan bahwa dia tidak akan takut untuk menindak demonstrasi.

Kurang dari satu jam setelah dia dinyatakan sebagai presiden pada Rabu (20/7), sebuah perintah pengadilan dikeluarkan yang melarang siapa pun berkumpul dalam radius 50 meter dari kompleks gedung pemerintah, di Kolombo, yang sebelumnya menjadi tempat pengunjung rasa menggulingkan Gotabaya Rajapaksa dari kursi presiden.(The Guardian/OL-5)

Baca Juga

AFP/Abbas Momani.

Pasukan Israel Gerebek Kantor Kelompok HAM Palestina yang Dicap Teroris

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 22:23 WIB
Pasukan keamanan Israel pada Kamis (18/8) menggerebek kantor beberapa kelompok hak asasi manusia (HAM) Palestina di Tepi Barat yang...
AFP/Mahmud Hams.

Pasukan Israel Bunuh Warga Palestina dalam Bentrokan Tepi Barat

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 22:12 WIB
Seorang warga Palestina yang ditembak oleh pasukan Israel selama bentrokan di dekat tempat suci titik nyala di Tepi Barat yang...
AFP

Pelaku Penikaman Terkejut Salman Rushdie Selamat

👤Widhoroso 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 22:00 WIB
PELAKU penikaman terhadap penulis asal Inggris, Salman Rushdie, mengaku terkejut penulis The Satanic Verses itu bisa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya