Selasa 19 Juli 2022, 15:13 WIB

Dinilai Bagian Oligarki, Mahasiswa Tolak Wickremesinghe Maju di Pilpres

Cahya Mulyana | Internasional
Dinilai Bagian Oligarki, Mahasiswa Tolak Wickremesinghe Maju di Pilpres

dok.AFP
Demonstran membentangkan slogan menentang Presiden sementara Sri Lanka Ranil Wickremesinghe di dekat sekretariat Presiden di Kolombo, Senin

 

KALANGAN mahasiswa menolak penjabat Presiden Sri Lanka, Ranil Wickremesinghe, maju di pemilu. Sedianya Wickremesinghe akan melawan sejumlah kandidat yang berniat mengikuti kontestasi tersebut.

Wickremesinghe mengambil alih tugas presiden setelah pendahulunya, Gotabaya Rajapaksa, resmi mengundurkan diri. Rajapaksa saat ini kabur ke Singapura, menghindari amukan warga yang marah karena krisis ekonomi parah di negara itu.

Para pengunjuk rasa juga ingin agar Wickremesinghe mengundurkan diri dari posisinya saat ini. Dia dituduh bersekongkol dengan Rajapaksa yang menyebabkan negaranya masuk jurang krisis.

Sementara itu, kandidat lain yang bertarung adalah Sajith Premadasa, pemimpin oposisi utama partai Samagi Jana Balawegaya. Selain itu, ada putra seorang presiden yang terbunuh, dan Dullas Alahapperuma, seorang anggota parlemen senior partai berkuasa yang menjabat sebagai menteri media massa dan sebagai juru bicara kabinet.

"Saya ingin rakyat Sri Lanka tahu bahwa saya akan mengambil keputusan yang tepat pada waktu yang tepat untuk melindungi kepentingan nasional tanah air saya dan hak-hak semua warga Sri Lanka," kata Premadasa di Twitter.

Partai-partai politik Sri Lanka akan mengajukan calon presiden untuk dipilih secara langsung oleh rakyat pada Rabu pekan depan.

Sri Lanka berada di tengah-tengah krisis ekonomi terburuk sejak memenangkan kemerdekaan dari Inggris pada 1948. Inflasi lebih dari 50% dan kekurangan makanan, bahan bakar dan obat-obatan, membawa ribuan orang turun ke jalan dalam beberapa bulan protes yang memuncak pada penggulingan Rajapaksa. (Malay Mail/OL-13)

Baca Juga: Wickremesinghe Gantikan Rajapaksa, Rakyat Sri Lanka Berpesta

Baca Juga: Tiba di Singapura, Presiden Sri Lanka Kirimkan Surat Pengunduran ...

Baca Juga

AFP/Handout / MYANMAR MINISTRY OF INFORMATION

Pengadilan Myanmar Jatuhkan Vonis Enam Tahun untuk Suu Kyi dalam Kasus Korupsi

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 05:15 WIB
Suu Kyi telah ditahan sejak pemerintahannya digulingkan oleh militer dalam kudeta pada 1 Februari tahun lalu yang mengakhiri periode...
AFP

Putin Perluas Kerja Sama dengan Korut

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 15 Agustus 2022, 23:34 WIB
Kerja sama ini berlandaskan prinsip yang komprehensif dan konstruktif seperti yang diterapkan dengan...
Dok. Bea Cukai

Bea Cukai dan Malaysian Customs Resmi Tutup Joint Task Force Operation 2022 

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 20:37 WIB
Selama periode pelaksanaan JTF Operation 2022, Bea Cukai berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 77,72 kg methamphetamine dan sekitar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya