Selasa 19 Juli 2022, 13:36 WIB

Penguatan Kerja Sama Ekonomi Jadi Fokus Indonesia-Timor Lesta

Andhika Prasetyo | Internasional
Penguatan Kerja Sama Ekonomi Jadi Fokus Indonesia-Timor Lesta

Antara
Presiden Joko Widodo (kanan) berjabat tangan dengan Presiden Timor Leste Jose Manuel Ramos-Horta

 

PENGUATAN kerja sama ekonomi menjadi isu utama yang dibahas Presiden Joko Widodo dan Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta dalam pertemuan bilateral yang digelar di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (19/7).

Dalam keterangan pers bersama, Presiden Jokowi menyebut kedua negara sepakat untuk mendongkrak valuasi perdagangan di masa mendatang.

Badan Pusat Statistik mencatat, sepanjang 2020, total nilai ekspor RI ke Timor Leste sebesar US$221,3 juta. Jumlah itu tumbuh 5% dibandingkan capaian di tahun sebelumnya.

"Kita sepakat untuk terus meningkatkan perdagangan kedua negara. Dengan melihat tren perkembangan yang terus positif, saya yakin perdagangan kedua negara bisa terus ditingkatkan," ujar Jokowi.

Selain itu, kedua pemimpin juga sepakat untuk memperkuat konektivitas di darat dan laut.

Kepala negara berharap, dalam waktu yang tidak lama lagi, angkutan bus lintas perbatasan dengan rute Kupang-Dili dan sebaliknya bisa beroperasi.

"Untuk konektivitas laut, saya menilai sangat penting untuk membuka rute kapal Kupang-Dili-Darwin," tutur mantan Wali Kota Solo itu.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi juga menekankan pentingnya pembangunan di perbatasan. Saat ini, pemerintah tengah dalam proses membangun Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Napan yang terletak di Kabupaten Timor Tengah, NTT.

Ia berharap, infrastruktur itu bisa rampung dan beroperasi penuh pada tahun ini.

Presiden Jokowi memastikan Indonesia akan terlibat aktif dalam membantu pembangunan infrastruktur di Bumi Lorosae. RUU

"BUMN-BUMN dan perusahaan-perusahaan di Indonesia berkomitmen untuk berpartisipasi dalam pembangunan di Timor Leste, terutama di bidang infrastruktur," ucap Jokowi.

Terakhir, kepala negara mendorong jajarannya bisa terus berdialog dengan delegasi Timor Leste untuk egera menyelesaikan Bilateral Investment Treaty.

Berdasarkan data pemerintah, investasi Indonesia di Timor Leste mencapai US$818 juta yang sebagian besar ditempatkan di sektor perbankan, migas, dan telekomunikasi.

Dalam kesempatan yang sama, Jose Ramos Horta menyampaikan rasa terima kasih kepada Jokowi yang telah menjamunya beserta seluruh delegasi dari Timor Leste.

Ia mengatakan pertemuan itu merupakan sebuah simbol yang menunjukkan kedua negara serius untuk mempererat hubungan yang ada.

"Kami sangat berterima kasih kepada Indonesia atas dukungannya dalam pembangunan di Timor Leste, terutama dalam bidang pendidikan dan SDM," pungkasnya. (OL-8)

Baca Juga

AFP.

Iran Minta Saudi Bebaskan Warganya yang Ditangkap saat Haji

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 20:00 WIB
Iran pada Jumat (5/8) meminta Arab Saudi membebaskan salah satu warga negaranya yang ditangkap selama...
AFP/Manuel Balce Ceneta.

Ketua Uni Afrika Kutuk Serangan Israel di Gaza

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 19:25 WIB
Ketua Komisi Uni Afrika pada Minggu (7/8) mengutuk serangan-serangan udara Israel di Jalur Gaza ketika kekerasan meningkat di wilayah yang...
Antara/Mahmud Hams.

Reaksi Beragam terhadap Pertikaian Mematikan Israel-Gaza

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 18:05 WIB
Gejolak mematikan terbaru antara militer Israel dan militan Palestina di Gaza menarik reaksi beragam dari masyarakat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya