Sabtu 21 Mei 2022, 10:35 WIB

Rakyat Timor Leste Berharap Ramos Horta Penuhi Janji Kampanye

Palce Amalo | Internasional
Rakyat Timor Leste Berharap Ramos Horta Penuhi Janji Kampanye

MI/Palce Amalo
Suasan Kota Dili, Timor Leste seusai pelantikan Presiden Ramor Harto menjadi presiden Timor Leste yang kelima, Sabtu (21/5/2022)

 

RAKYAT Timor Leste yakin Presiden Ramos Horta akan memenuhi janjinya menjadi presiden bagi seluruh warga, serta mampu membawa negara itu keluar dari berbagai masalah ekonomi maupun politik.

Mereka menyebut Ramos Horta sebagai orang baik. "Dia baik karena selalu membantu orang miskin. Xanana Gusmao juga sama membantu rakyat," kata Sofia Noronya, remaja yang bekerja di salah satu toko di Kota Dili, ibu Kota Timor Leste, Sabtu (21/5).

Sofia lahir pada 1996. Saat Timor Leste merdeka, dia masih balita sehingga ia tidak terlalu paham perjuangan pemimpin Timor Leste menuju kemerdekaan.

Begitu juga Ikun, rekannya yang bekerja di toko, lahir pada 1999. Dia bahkan tidak mengerti Bahasa Indonesia, dibandingkan Sofia yang berbicara Bahasa Indonesia secara terbatas. "Kami senang dan ingin Ramos Horta menciptakan kesejahteraan bagi seluruh rakyat," ujar Sofia.

Di tempat yang berbeda, seorang sopir taksi bernama Elvis da Costa juga menyebut Ramos Horta merupakan pemimpin yang dinantikan rakyat. Mereka sudah pernah merasakan kepemimpina Ramos Horta sebagai presiden pada 2007. Untuk itu, harapan rakyat kepada peraih nobel perdamian itu sangat besar.

Tidak hanya menciptakan kesejahteraan bagi rakyat, tetapi juga keamanan, menarik investasi dari luar negeri dan yang penting juga ialah negosiasi dengan Australia terkaut pengeboran minyak di Celah Timor (Timor Gap). Jika Horta berhasil membawa terminal LNG ditempatkan ke Timor Leste daripada ditempatkan di Darwin, Australia, akan membawa keuntungan besar.

"Pipeline (saluran pipa) dari Celah Timor ke Darwin jauh, Lebih baik ke Timor Leste dekat tapi lautnya dalam," kata Pendiri Universitas Joao Saldanha, Joao Mariano Saldanha. (OL-13)

Baca Juga: Ramos-Horta Dilantik Jadi Presiden Timor Leste ke Lima

Baca Juga

AFP/Amir HOSSEIN TALEBI

Tiga Kali Gempa Kuat Guncang Iran, Lima Orang Dilaporkan Tewas

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 17:19 WIB
Gempa magnitudo 6,3 dan 6,1 menyusul gempa 6,1 yang membuat porak poranda desa Sayeh Khosh di dekat Teluk...
Dok Zayed Award

Pendaftaran Nominator Zayed Award untuk Persaudaraan Manusia 2023 Dibuka

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 12:48 WIB
Panitia Penyelenggara Zayed Award untuk Persaudaraan Manusia 2023 mulai membuka pendaftaram nominator. Pendaftaran event kali keempat ini...
AFP/SHURAN HUANG

Retno Sebut Semua Menlu G20 Cari Solusi bagi Dunia

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 08:58 WIB
"Alhamdulillah per hari ini kita telah mendapatkan konfirmasi melalui saluran diplomatik bahwa semua menteri luar negeri anggota G20...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya