Minggu 03 Juli 2022, 10:30 WIB

Iran Nilai Serangan Baru Turki di Suriah Kacaukan Kawasan

Mediaindonesia.com | Internasional
Iran Nilai Serangan Baru Turki di Suriah Kacaukan Kawasan

AFP/Louai Beshara.
Menteri Luar Negeri Suriah Faisal Mekdad (kanan) menghadiri konferensi pers bersama dengan Menlu Iran Hossein Amir-Abdollahian.

 

MENTERI Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian pada Sabtu (2/7) memperingatkan pada kunjungan ke Damaskus bahwa tindakan militer Turki di Suriah akan mengacaukan kawasan itu. Peringatan ini dirilis setelah Ankara mengancam akan meluncurkan serangan baru terhadap Kurdi di utara negara itu.

"Setiap tindakan militer Turki di utara Suriah akan menjadi elemen destabilisasi di kawasan itu," kata Hossein Amir-Abdollahian pada konferensi pers di Damaskus, menurut terjemahan simultan dari bahasa Farsi ke bahasa Arab. Iran ialah sekutu utama Presiden Suriah Bashar al-Assad dan mitra dagang penting bagi Turki.

Turki meluncurkan serangan berturut-turut di Suriah sejak 2016 yang menargetkan milisi Kurdi serta kelompok jihadis dan pasukan yang setia kepada Presiden Suriah Bashar al-Assad. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan awal tahun ini dia ingin mendorong satu juta pengungsi Suriah untuk kembali ke negara mereka dengan membangun perumahan dan infrastruktur di tanah air mereka.

Baca juga: Israel Jatuhkan Tiga Drone Hizbullah Intai Ladang Gas Karish

Dalam beberapa pekan terakhir, Erdogan mengatakan dia berencana untuk meluncurkan serangan militer terhadap pejuang Kurdi di Suriah yang dianggap Ankara sebagai 'teroris'. Ini termasuk Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) yang didukung AS dan membentuk bagian penting dari koalisi internasional melawan kelompok ISIS.

"Klaim Turki yang berusaha membenarkan serangan mereka di wilayah Suriah tidak memiliki hubungan dengan kenyataan dan melanggar ketentuan piagam PBB dan prinsip-prinsip hukum internasional," kata Assad kepada Amir-Abdollahian, kata kepresidenan Suriah di Twitter. Perjalanan menteri Iran itu dilakukan lima hari setelah dia mengunjungi Turki.

Dia mengatakan sebelumnya bahwa kunjungannya bertujuan membangun perdamaian dan keamanan di wilayah antara Suriah dan Turki, kantor berita resmi Iran IRNA melaporkan. "Setelah kunjungan saya ke Turki, perlu berkonsultasi dengan pihak berwenang Suriah," katanya seperti dikutip IRNA.

Baca juga: Iran Kutuk Serangan Israel di Suriah Lukai Warga Sipil

Pada Senin, Amir-Abdollahian mengatakan dia memahami perlunya operasi militer baru Turki melawan pemberontak Kurdi yang telah mereka perjuangkan selama beberapa dekade. "Kami memahami masalah keamanan Turki dengan sangat baik," katanya dalam konferensi pers bersama di Ankara dengan Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu.

"Kami memahami bahwa mungkin operasi khusus mungkin diperlukan," katanya. Ia menambahkan bahwa masalah keamanan Turki harus ditangani secara penuh dan permanen.

Teheran memusuhi militan Kurdi yang telah melakukan serangan di Iran serta Turki. Pemerintah Suriah berulang kali mengutuk ancaman Turki untuk melakukan serangan baru dan menyebut upaya Erdogan untuk menciptakan sesuatu yang disebut zona aman di Suriah, serangan terhadap persatuan negara yang dilanda perang itu. (AFP/OL-14)

Baca Juga

DOK.KEMENLU

Kemenlu Kembali Pulangkan 14 WNI Korban Penipuan dari Kamboja

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 21:45 WIB
Proses pemulangan tersebut merupakan tindak lanjut hasil pertemuan Menlu RI dengan Mendagri Kamboja dan Kepala Kepolisian Kamboja pekan...
AFP/Mohammed Abed.

Konflik Mematikan Palestina dan Israel sejak 2014

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 21:33 WIB
Menyusul gejolak pertempuran terburuk di Gaza sejak perang 11 hari tahun lalu, berikut ini tinjauan kembali pada konflik mematikan...
AFP/Mohammed Abed.

Israel Runtuhkan Rumah Warga Palestina Diduga Membunuh dengan Kapak

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 19:59 WIB
Israel menghancurkan rumah dua pemuda Palestina di Tepi Barat yang diduduki pada Senin (8/8). Keduanya dicurigai melakukan serangan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya