Senin 30 Mei 2022, 13:39 WIB

WHO: Cacar Monyet Berisiko Sedang terhadap Masyarakat Global

Nur Aivanni | Internasional
WHO: Cacar Monyet Berisiko Sedang terhadap Masyarakat Global

Ist/wikipedia
Kantor Pusat WHO di Jenewa, Swiss.

 

ORGANISASI Kesehatan Dunia (WHO), pada Minggu, mengatakan bahwa cacar monyet memiliki "risiko sedang" untuk kesehatan masyarakat secara keseluruhan di tingkat global setelah kasus dilaporkan di sejumlah negara yang sebelumnya penyakit itu biasanya tidak ditemukan.

"Risiko kesehatan masyarakat bisa menjadi tinggi jika virus ini memanfaatkan peluang untuk menetapkan dirinya sebagai patogen manusia dan menyebar ke kelompok yang berisiko lebih tinggi terkena penyakit parah seperti anak kecil dan orang yang mengalami gangguan kekebalan," kata WHO.

Dalam sebuah pernyataan, badan kesehatan itu mengatakan bahwa hingga 26 Mei 2022, total 257 kasus yang dikonfirmasi dan 120 kasus yang dicurigai telah dilaporkan dari 23 negara anggota yang tidak endemik virus tersebut. Belum ada korban jiwa yang dilaporkan sejauh ini.

Baca juga: Irlandia Catat Kasus Pertama Cacar Monyet

WHO juga mengatakan bahwa kemunculan cacar monyet yang tiba-tiba sekaligus di beberapa negara non-endemik menunjukkan penularan yang tidak terdeteksi untuk beberapa waktu dan kejadian yang semakin parah baru-baru ini.

Badan tersebut menambahkan bahwa pihaknya memperkirakan akan ada lebih banyak kasus dilaporkan ketika pengawasan di negara-negara endemik dan non-endemik meluas.

Cacar monyet adalah penyakit menular yang biasanya ringan, dan endemik di bagian barat dan tengah Afrika. Itu menyebar melalui kontak dekat, sehingga relatif mudah dikendalikan melalui tindakan seperti isolasi mandiri dan kebersihan.

Sebagian besar kasus yang dilaporkan sejauh ini telah terdeteksi di Inggris, Spanyol dan Portugal. (Straits Times/Nur/OL-09)

Baca Juga

AFP

Anwar Ibrahim Siap Kucurkan Subsidi untuk Warga Berpenghasilan Rendah

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 27 November 2022, 17:24 WIB
Perdana Menteri Malaysia yang belum lama dilantik itu, menjanjikan upaya peningkatan biaya hidup ketika roda perekonomian nasional...
AFP

Gedung Putih Kecam Donald Trump yang Bertemu Supremasi Kulit Putih

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 27 November 2022, 14:16 WIB
Dalam agenda makan malam yang berlangsung di Mar-a-Lago, Donald Trump diketahui turut mengundang Kanye West, yang belakangan tergabung...
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Indonesia Siap Nahkodai ASEAN Maju dan Damai

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 26 November 2022, 13:41 WIB
"Indonesia menginginkan agar ASEAN tetap penting dan relevan. Indonesia juga ingin kawasan Asia Tenggara tetap menjadi pusat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya