Kamis 19 Mei 2022, 17:34 WIB

Utusan Khusus Presiden Jokowi Bahas Kerja Sama dengan Ramos Horta

Palce Amalo | Internasional
Utusan Khusus Presiden Jokowi Bahas Kerja Sama dengan Ramos Horta

Dok Youtube
Menkopolhukam Mahfud MD

 

UTUSAN khusus Presiden Joko Widodo, Menkopolhukam Mahfud MD, bertemu presiden terpilih Timor Leste, Jose Ramos Horta, di Palacio Presidesial Nicolau Labato Aitarak Laran, Dili, Kamis (19/5). Dalam pertemuan itu, keduanya membahas kerja sama di berbagai bidang antara lain teknologi, perdagangan bebas, investasi, ekonomi dan politik.

Hal-hal yang dibahas tersebut akan ditindaklanjuti atau diolah oleh pejabat kedua negara.

"Tapi Intinya Indonesia berkepentingan agar Timor Leste semakin maju dan Timor Leste juga berkepentingan agar Indonesia mempunyai hubungan yang baik dengan Timor Leste, itu saja kerja sama yang akan dibangun ke depannya," kata Mahfud MD kepada wartawan seusai pertemuan tersebut.

"Beliau (Presiden Jokowi) tidak bisa hadir sendiri karena baru pulang dari Amerika kemudian ada acara lain. Secara khusus beliau menulis surat dan meminta saya hadir mewakili untuk mengucapkan selamat kepada Presiden Ramos Horta dan sekaligus mengucapkan selamat hari ulang tahun restorasi kemerdekaan yang ke-20 Timor Leste," ujarnya.

Baca juga: Malam Ini, Ramos Horta Dilantik jadi Presiden Timor Leste

Mahfud mengatakan, Indonesia dan Timor Leste perlu memperkuat kerja sama antara Indonesia dan Timor Leste karena juga memiliki keterikatan sejarah. Sehingga, ikatan emosional dan psikologis masih tumbuh. Mahfud juga menyampaikan undangan dari Jokowi kepada Ramos Horta untuk datang ke Indonesia.

"Kami menyambut gembira dan kami akan menyiapkan kedatangannya," tutur Mahfud.

Sebelumnya, Ramos Horta mengatakan Indonesia dan Australia adalah dua negara yang menjadi prioritas utama untuk dikunjungi.(OL-5)
 

Baca Juga

Dok. Biro Setpres

Misi Perdamaian Jokowi ke Rusia dan Ukraina Membuahkan Hasil

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 30 Juni 2022, 23:14 WIB
Setelah melalui diskusi yang cukup panjang dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, Jokowi mendapat kepastian bahwa pasokan produk pangan dan...
AFP/Adam Berry.

Wapres Parlemen Eropa: Sebut Israel Apartheid itu Antisemitisme

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 22:54 WIB
Selama 18 bulan terakhir, Human Rights Watch dan Amnesty International menerbitkan laporan yang menuduh Israel melakukan...
AFP

Paus Sebut Rusia Lakukan Agresi dan Imperialisme di Ukraina

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 22:35 WIB
Semua pihak perlu 'mengakui bahwa penaklukan bersenjata, ekspansionisme, dan imperialisme tidak ada hubungannya dengan kerajaan yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya