Selasa 10 Mei 2022, 04:07 WIB

Putra Diktator Ferdinand Marcos Menang Telak di Pemilu Filipina

Basuki Eka Purnama | Internasional
Putra Diktator Ferdinand Marcos Menang Telak di Pemilu Filipina

AFP/MIKHAEL FLORES
Kandidat Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr

 

PUTRA mendiang diktator Filipina Ferdinand Marcos menang telak dalam pemilihan presiden, Selasa (10/5), saat warga negara Asia Tenggara itu mengabaikan peringatan kemenangan itu akan mengancam demokrasi di negara itu.

Dengan lebih dari 90% suara telah dihitung, Ferdinand 'Bongbong' Marcos Junior sukses meraih hampir 30 juta suara, lebih dari dua kali lipat suara yang diraih pesaing terdekatnya, kandidat liberal Leni Robredo.

Kemenangan ini merupakan pembalikan peruntungan bagi klan Marcos, yang terguusur dari kancah politik Filipina dan kini kembali ke istana presiden setelah setengah abad.

Baca juga: Pemilu Filipina, Tiga Petugas Keamanan Ditembak Mati di TPS

Pada 1986, Ferdinand Marcos dan istrinya Imelda Marcos terpaksa melarikan diri dari Filipina setelah digulingkan oleh revolusi 'People Power'.

Kampanye Marcos junior berisi kampanye daring yang berusaha mengaburkan masa lalu keluarganya yang brutal dan korup serta merangkul para pendukung Rodrigo Duterte, yang namanya tetap populer di Filipina.

Aktivis HAM, pemimpin gereka Katolik, dan pengamat politik telah memperingatkan warga Filipina bahwa Marcos Jr akan bisa memimpin dengan tangan besi seandainya dia menang telak dalam pemilu.

Dalam pidato kemenangannya, Senin (9/5) tengah malam, Marcos Jr, dari markasnya di Manila, mengucapkan terima kasih kepada para relawan yang telah bekerja keras dan berkorban.

Namun, dia belum mengklaim kemenangan dan mengatakan proses penghitungan suara belum selesai.

"Mari kita tunggu hingga semuanya jelas, hingga penghitungan suara mencapai 100%. Setelah itu kita bisa merayakannya," ujar Marcos Jr.

Meski begitu, para pendukung Marcos Jr telah menggelar perayaan dengan menyalakan petasan dan mengibarkan bendera Filipina. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP/Louai Beshara.

Hizbullah Kalah, Kaum Reformis Naik dalam Pemilu Libanon

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 17 Mei 2022, 22:42 WIB
Salah satu kemenangan paling menonjol yang diraih oleh orang-orang independen ialah pemilihan Elias Jradeh dan Firas Hamdan di Libanon...
NICOLAS ASFOURI / AFP

Tiongkok tak akan Longgarkan Protokol Kesehatan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 17 Mei 2022, 22:40 WIB
Otoritas Tiongkok akan mempercepat riset vaksin khusus Omikron dan memperluas jangkauan vaksinasi penguat pada kalangan orang tua...
AFP/Abbas Momani.

Puluhan Terluka dalam Bentrokan saat Pemakaman Warga Palestina di Jerusalem

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 17 Mei 2022, 22:02 WIB
Jenazah Sharif dibawa oleh para pelayat melintasi kompleks Al-Aqsa dan dibawa melalui Gerbang Herodes Kota Tua, sebelum dimakamkan di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya