Selasa 05 April 2022, 19:30 WIB

Menlu Tiongkok dan Menlu Ukraina Bahas Invasi Rusia

Nur Aivanni | Internasional
Menlu Tiongkok dan Menlu Ukraina Bahas Invasi Rusia

AFP
Menlu Tiongkok Wang Yi saat menyampaikan konferensi pers.

 

MENTERI Luar Negeri (Menlu) Tiongkok dan Menlu Ukraina Dmytro Kuleba  telah melakukan pembicaraan untuk pertama kalinya. Tepatnya, setelah konflik Rusia-Ukraina berlangsung lebih dari sebulan.

Panggilan telepon pada Senin waktu setempat, antara Wang Yi dan Kuleba, merupakan pembicaraan tingkat tinggi pertama sejak 1 Maret. Sementara itu, Menlu Rusia Sergei Lavrov diketahui mengunjungi Tiongkok untuk serangkaian pertemuan pada pekan lalu.

Selama percakapan telepon, yang diklaim Tiongkok sebagai permintaan Rusia, Wang menyatakan sikap dasar negaranya terhadap konflik antara Rusia dan Ukraina ialah mendorong pembicaraan damai.

Baca juga: Presiden Ukraina akan Berpidato di DK PBB

"Perang suatu hari nanti akan berakhir. Kuncinya adalah bagaimana belajar dari pengalaman menyakitkan ini, untuk menegakkan keamanan abadi di Eropa," tutur Wang.

Menurutnya, Beijing percaya pada pembentukan mekanisme keamanan Eropa yang seimbang, efektif dan berkelanjutan. Dalam hal ini, berdasarkan dialog yang setara dan prinsip keamanan yang tak terpisahkan.

Baca juga: AS-Iran Saling Tuding Atas Kebuntuan dalam Pembicaraan Nuklir 2015

"Tiongkok bersedia mengambil posisi yang objektif dan adil. Untuk terus memainkan peran konstruktif dengan caranya sendiri," imbuhnya.

Lewat akun Twitter-nya, Kuleba menyampaikan apresiasi kepada Tiongkok atas solidaritas terhadap korban sipil. Kecaman internasional terhadap Rusia telah meningkat dalam beberapa hari terakhir.

Tiongkok disebut enggan mengecam sekutu lamanya, Rusia, atas invasi ke Ukraina. Kedekatan diplomatik antara Tiongkok dan Rusia, telah memicu kekhawatiran bahwa Beijing siap membantu Kremlin menghindari dampak sanksi negara-negara Barat.(AFP/OL-11)
 

Baca Juga

AFP/Amir HOSSEIN TALEBI

Tiga Kali Gempa Kuat Guncang Iran, Lima Orang Dilaporkan Tewas

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 17:19 WIB
Gempa magnitudo 6,3 dan 6,1 menyusul gempa 6,1 yang membuat porak poranda desa Sayeh Khosh di dekat Teluk...
Dok Zayed Award

Pendaftaran Nominator Zayed Award untuk Persaudaraan Manusia 2023 Dibuka

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 12:48 WIB
Panitia Penyelenggara Zayed Award untuk Persaudaraan Manusia 2023 mulai membuka pendaftaram nominator. Pendaftaran event kali keempat ini...
AFP/SHURAN HUANG

Retno Sebut Semua Menlu G20 Cari Solusi bagi Dunia

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 08:58 WIB
"Alhamdulillah per hari ini kita telah mendapatkan konfirmasi melalui saluran diplomatik bahwa semua menteri luar negeri anggota G20...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya