Selasa 11 Januari 2022, 17:52 WIB

Pasukan Pimpinan Rusia Akan Mulai Tinggalkan Kazakhstan dalam 2 Hari

Nur Aivanni  | Internasional
Pasukan Pimpinan Rusia Akan Mulai Tinggalkan Kazakhstan dalam 2 Hari

AFP
Pedemo berupaya memasuki gedung pemerintah dalam kerusuhan di Kazakhstan.

 

PRESIDEN Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev, pada Selasa, mengatakan bahwa kontingen pasukan pimpinan Rusia akan mulai meninggalkan negara Asia Tengah itu dalam dua hari, dengan penarikan tidak lebih dari 10 hari.

"Misi utama pasukan penjaga perdamaian CSTO telah berhasil diselesaikan," kata Tokayev, yang merujuk pada pasukan dari Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif (CSTO).

Baca juga: Kasus Omikron Melonjak, Tiongkok Lockdown Kota Anyang

"Dalam dua hari penarikan bertahap kontingen penjaga perdamaian bersatu CSTO akan dimulai. Proses penarikan kontingen akan memakan waktu tidak lebih dari 10 hari," katanya, saat berbicara kepada pemerintah dan parlemen dalam panggilan konferensi video yang disiarkan langsung.

Misi CSTO lebih dari 2.000 tentara dikirim pada puncak krisis pekan lalu, setelah bentrokan bersenjata antara penentang pemerintah dan pasukan keamanan dan penjarahan membuat bagian-bagian kota terbesar Almaty hampir tidak dapat dikenali.

Tokayev juga tampaknya semakin memperkuat posisinya, yang mendukung penjabat perdana menteri Alikhan Smailov untuk mengambil posisi itu secara permanen.

Kazakhstan dilanda kerusuhan pada pekan lalu yang berkembang dari aksi protes damai terhadap kenaikan harga energi di bagian barat negara itu dan menyebabkan puluhan orang tewas sebagai upaya kudeta yang dibantu oleh teroris asing. Tetapi, krisis tersebut juga telah membuka pertikaian di bagian paling atas pemerintahan.

Sementara itu, Presiden pendiri negara tersebut Nursultan Nazarbayev, belum muncul secara terbuka sejak krisis dimulai, meskipun ajudan Nazarbayev mengklaim bahwa dia berada di ibu kota Nur-Sultan dan berdialog dengan Tokayev. (AFP/OL-6)

Baca Juga

Ist/WEF

Kerusakan Iklim dan Krisis Sosial Perlu Diantisipasi Bersama

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 21 Januari 2022, 20:12 WIB
Adapun kekhawatiran jangka pendek global teratas mencakup perpecahan sosial, krisis penghidupan, hingga perburukan kesehatan...
Alexander NEMENOV / AFP

Rusia Catat Rekor Kasus Harian Covid-19 di Tengah Lonjakan Omikron

👤Nur Aivanni 🕔Jumat 21 Januari 2022, 19:00 WIB
Rusia melaporkan rekor jumlah infeksi baru virus korona selama 24 jam sebelumnya menurut penghitungan...
Ist/globalhealth

WHO Ingatkan Penggunaan Masker Kain Tidak Mampu Cegah Omikron

👤Atalya Puspa 🕔Jumat 21 Januari 2022, 16:41 WIB
Direktur WHO untuk Kesehatan Global Lawrence Gostin mengatakan untuk melindungi dari varian delta pun masker kain hanya memiliki...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya