Minggu 09 Januari 2022, 23:56 WIB

Garuda Indonesia Angkut Bantuan Kemanusiaan ke Afghanistan

Insi Nantika Jelita | Internasional
Garuda Indonesia Angkut Bantuan Kemanusiaan ke Afghanistan

Kemenlu
Menlu Retno Marsudi (kanan) melepas dua pesawat berisi bantuan kemanusiaan untuk Afghanistan

 

MASKAPAI nasional Garuda Indonesia menerbangkan dua armada Airbus A330-300 yang mengangkut bantuan kemanusiaan dari Indonesia ke Kabul, Afghanistan yang merupakan bagian inisiasi Kementerian Luar Negeri RI untuk

Melalui program "Indonesia Humanitarian Aid to the People of Aghanistan", Garuda mengangkut 65 ton bantuan kemanusian yang terdiri dari bantuan kebutuhan pokok dan kebutuhan penunjang lainnya.

Adapun penerbangan tersebut turut dikawal oleh Tim Diplomat Kementerian Luar Negeri RI, tim medis, maupun tim pengamanan guna memastikan kelancaran proses pendistribusian bantuan kemanusiaan tersebut. "Menjadi sebuah kebanggaan bagi kami dapat berperan aktif menghubungkan pesan solidaritas kemanusiaan antarnegara melalui pendistribusian bantuan," ujar Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dalam keterangannya, Minggu (9/1).

Bantuan tersebut diterbangkan dengan pesawat GA 7900 yang berangkat pada dini hari tadi dan telah tiba di Kabul, Aghanistan pada pukul 12.34 WIB. Sedangkan, penerbangan lainnya, yakni GA 7720 tiba di Kabul pada pukul 13.04 WIB.

"Dukungan ini juga sejalan dengan komitmen kami mengemban tugas sebagai representasi bangsa dengan berperan aktif di garda terdepan dalam misi diplomasi kemanusiaan," tambah Irfan.

Garuda memberi apresiasi seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Humanitarian Flight ini, mengingat banyak aspek teknis yang harus dipersiapkan secara matang untuk memastikan kelancaran pengiriman bantuan tersebut. "Misi kemanusiaan kepada rakyat Afghanistan tentunya perlu didukung oleh aksesibilitas transportasi udara yang siap dalam menjalankan tugas," pungkasnya. 

Seperti diketahui, Kelompok Taliban merebut pemerintahan Afghanistan dari tangan Ashraf Ghani pada 15 Agustus 2021. Kembalinya Taliban berdampak pada tewasnya ribuan orang dan membuat jutaan orang Afghanistan mengungsi. (OL-8)

Baca Juga

AFP.

Gempa Berkekuatan 7,2 SR Guncang Peru Selatan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 21:25 WIB
Gempa terjadi pada pukul 07.02 waktu setempat pada kedalaman 218 kilometer, menurut USGS. Pusat Seismologi Nasional Peru mengatakan gempa...
AFP/Fabrice Coffrini.

Iran Sebut Zionis Kontrol Kebijakan AS terkait Kesepakatan Nuklir

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 20:55 WIB
Israel telah membuatnya seolah-olah mempertahankan IRGC dalam daftar itu penting untuk masa depan pembicaraan Iran, tetapi tidak demikian,...
AFP/Hazem Bader.

Investigasi CNN Perkuat Klaim Tentara Israel Bunuh Jurnalis Al Jazeera

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 20:01 WIB
Pada saat-saat berikutnya, seorang pria berkaus putih mencoba beberapa kali untuk memindahkan Abu Akleh, tetapi dipaksa mundur berulang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya