Selasa 07 Desember 2021, 20:54 WIB

Makin Simpel, Bikin KTP WNI di Luar Negeri Cuma 2 Menit 

Insi Nantika Jelita | Internasional
Makin Simpel, Bikin KTP WNI di Luar Negeri Cuma 2 Menit 

Antara/Rivan Alaw Lingga
Ilustrasi KTP

 

KEMENTERIAN Luar Negeri mengungkapkan, mengurus Kartu Tanda Penduduk (KTP) bagi WNI di luar negeri bakal mudah dan hanya memakan waktu yang singkat. 

WNI di wilayah kerja Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Chicago, Amerika Serikat misalnya, WNI bisa melakukan perekaman sidik jari, biometrik dan foto dilakukan dalam hitungan menit. 

Kemudian, KTP dikirimkan dalam bentuk soft copy ke WNI yang bersangkutan. Hanya 1-2 menit, proses sudah diklaim akan beres. 

Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakhrulloh serta Dirjen Protokol dan Konsuler Kemenlu Andy Rachmianto saat berada di KJRI Chicago, Minggu (5/12). 

"Bahkan Presiden Jokowi yang me-launching portal PeduliWNI di Seoul, Korea Selatan, dan sekaligus launching layanan administrasi kependudukan (Adminduk)," jelas Zudan dalam rilis resmi Kemenlu, Selasa (7/12). 

Baca juga : PM Kamboja Ingin Pulihkan Posisi Myanmar di ASEAN

Zudan menekankan, WNI di luar negeri harus melaporkan keberadaannya di Perwakilan RI terdekat. Pendataan tersebut mutlak dibutuhkan untuk membangun data kependudukan nasional. 

"Kenapa portal ini dibangun? Tentunya untuk mempermudah warga agar bisa melakukan lapor diri secara online dari manapun," tambahnya. 

Sementara, Andy Rahmianto menekankan arti penting Lapor Diri melalui Portal Peduli WNI untuk mendapatkan layanan dan pelindungan dari perwakilan RI. 

Menurutnya, tidak hanya untuk mengurus paspor atau surat keterangan, lapor diri juga bermanfaat untuk mendapatkan layanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil seperti penerbitan akta, surat keterangan, dan Nomor Induk Tunggal (NIT). 

"Dengan melakukan lapor diri ada untung juga WNI. Kalau terkena masalah, kami sudah ada datanya. Jika ingin memberikan bantuan sembako dan obat seperti di awal pandemi, kami tahu berapa paket yang harus disiapkan," bebernya. (OL-7)

Baca Juga

AFP/Lionel BONAVENTURE

Twitter Rilis Fitur Penanda untuk Cuitan Berkonten Hoaks

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 18 Januari 2022, 10:40 WIB
Twitter baru saja merilis fitur barunya untuk membantu pengguna menandai cuitan-cuitan di linimasa platform Twitter yang merupakan...
pinterest.com

Polandia Memasuki Gelombang Kelima Pandemi Covid-19

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 18 Januari 2022, 09:51 WIB
Polandia memasuki gelombang kelima pandemi Covid-19. Penyebaran varian Omikron juga berpotensi mencetak rekor lonjakan kasus baru Covid-19...
AFP

Denmark Catat Rekor Kasus Covid Usai Longgarkan Pembatasan

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 18 Januari 2022, 09:40 WIB
DENMARK mencatat rekor jumlah kasus infeksi virus corona pada Senin (17/1) saat bioskop, museum dan sejumlah tempat dibuka...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya