Selasa 07 Desember 2021, 15:24 WIB

PM Kamboja Ingin Pulihkan Posisi Myanmar di ASEAN

Nur Aivanni | Internasional
PM Kamboja Ingin Pulihkan Posisi Myanmar di ASEAN

AFP
PERDANA Menteri Kamboja Hun Sen (kanan).

 

PERDANA Menteri Kamboja Hun Sen akan melakukan perjalanan ke Myanmar untuk melakukan pembicaraan pada Januari. Dia akan menjadi pemimpin internasional pertama yang mengunjungi negara itu sejak militer merebut kekuasaan dalam kudeta.

Myanmar berada dalam kekacauan dan ekonominya lumpuh sejak para jenderal menggulingkan pemerintah sipil Aung San Suu Kyi pada Februari.

Baca juga: Dianggap Promosikan ujaran Kebencian, Facebook Dituntut Pengungsi Rohingya US$150 miliar

Hun Sen, pada Senin, berjanji untuk bekerja dengan junta Myanmar, meskipun ada upaya internasional yang meluas untuk menumpuk tekanan diplomatik pada militer.

Menteri Luar Negeri Myanmar Wunna Maung Lwin mengadakan pembicaraan dengan Hun Sen di Phnom Penh pada Selasa, di mana dia secara resmi menyampaikan undangan tersebut.

Eang Sophalleth, Juru Bicara Perdana Menteri Kamboja, mengatakan kunjungan itu dijadwalkan pada 7 dan 8 Januari.

Undangan itu datang saat Kamboja berupaya untuk membawa Myanmar kembali ke dalam kelompok Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) setelah penghinaan yang memalukan oleh blok regional tersebut.

Dalam sebuah langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya, ASEAN melarang kepala junta Min Aung Hlaing dari KTT pada Oktober setelah menolak untuk membiarkan utusan blok itu bertemu Suu Kyi.

Kamboja mengambil alih kepemimpinan bergilir ASEAN tahun depan dan pada Senin, Hun Sen mengatakan pemimpin Myanmar memiliki hak untuk menghadiri KTT. (AFP/Nur/A-3)

Baca Juga

AFP/Lionel BONAVENTURE

Twitter Rilis Fitur Penanda untuk Cuitan Berkonten Hoaks

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 18 Januari 2022, 10:40 WIB
Twitter baru saja merilis fitur barunya untuk membantu pengguna menandai cuitan-cuitan di linimasa platform Twitter yang merupakan...
pinterest.com

Polandia Memasuki Gelombang Kelima Pandemi Covid-19

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 18 Januari 2022, 09:51 WIB
Polandia memasuki gelombang kelima pandemi Covid-19. Penyebaran varian Omikron juga berpotensi mencetak rekor lonjakan kasus baru Covid-19...
AFP

Denmark Catat Rekor Kasus Covid Usai Longgarkan Pembatasan

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 18 Januari 2022, 09:40 WIB
DENMARK mencatat rekor jumlah kasus infeksi virus corona pada Senin (17/1) saat bioskop, museum dan sejumlah tempat dibuka...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya