Rabu 17 November 2021, 14:02 WIB

Media Berharap Kerja Sama Xinjiang dan Indonesia Terus Ditingkatkan

Mediaindonesia.com | Internasional
Media Berharap Kerja Sama Xinjiang dan Indonesia Terus Ditingkatkan

Antara
M Irfan Ilmie, Kepala Biro Perum LKBN Antara di Beijing.

 

Wartawan Perum LKBN Antara, M Irfan Ilmie, menjadi salah satu pengisi acara Forum Pembangunan Daerah Otonomi Xinjiang, Tiongkok dengan menyampaikan harapan kerja sama dengan Indonesia dapat terus ditingkatkan.

"Saya berharap kerja sama pendidikan ke-Islaman dan pertukaran media antara Indonesia dan Xinjiang dapat terus terlaksana," kata Irfan dalam pidatonya pada acara yang dihelat di Beijing, Senin (15/11).

Sejumlah perwakilan asal Indonesia turut menghadiri acara tersebut diantaranya perwakilan Kedutaan Besar RI, pengusaha Indonesia, dan staf pengajar Bahasa Indonesia. "Sebagai negara dengan populasi umat Muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki pengalaman dalam menangani permasalahan keagamaan secara damai," kata Irfan yang menjabat sebagai Kepala Biro Perum LKBN Antara di Beijing.

Dia menambahkan ratusan warga Indonesia pernah mengunjungi Xinjiang yang terdiri atas perwakilan pemerintah Indonesia, anggota DPR RI, anggota kepolisian, pelaku bisnis, hingga organisasi ke-Islaman, dan media.

Para pengunjung yang pernah menginjakkan kakinya di daerah tersebut dapat merasakan kondisi sebenarnya baik di Urumqi, Kashgar, Hotan, dan kota lainnya di Xinjiang. "Xinjiang terkenal dengan keindahan alamnya yang menarik ratusan juta pelancong baik dari dalam maupun luar negeri tiap tahunnya," ungkap Irfan.

Menurut dia, daya tarik tempat wisata Xinjiang begitu unik seperti keindahan kota tua Kashgar, reruntuhan Yarghul di Turban, hingga masjid Idkah. Selain pariwisata, Xinjiang juga membangun industri yang memberdayakan masyarakat setempat.

"Xinjiang menargetkan pembangunan daerah sebagai kawasan inti atas sabuk ekonomi jalur sutera. Daerah itu akan semakin membuka dan memperkuat hubungan kerja sama dengan negara lain," kata Irfan yang telah mengunjungi Xinjiang pada 2019 dan 2021.

Daerah otonomi itu juga berhasil mengembalikan keadaan setelah sebelumnya pernah mengalami insiden teror.

"Tidak ada tindak terorisme di daerah itu pada beberapa tahun belakangan. Masyarakat seluruh etnis telah bersama-sama meningkatkan toleransi, kebahagiaan dan keamanan di daerah itu," jelas Irfan. (Ant/OL-12)

Baca Juga

AFP/Menahem Kahana.

Israel Klaim Gagalkan Rencana Hamas Bunuh Anggota Parlemen Yahudi

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 Mei 2022, 22:35 WIB
Kelimanya juga ikut serta dalam kerusuhan di kompleks masjid, kata Shin Bet. Dikatakan petugas menyita pesawat tak berawak yang mereka duga...
Ishara S. KODIKARA / AFP.

Sri Lanka Naikkan Harga Bahan Bakar ke Rekor Tertinggi

👤Nur AivanniĀ  🕔Selasa 24 Mei 2022, 17:11 WIB
Menteri Energi Kanchana Wijesekera mengatakan kabinet menyetujui tarif baru untuk membendung kerugian besar di Ceylon Petroleum Corp yang...
AFP/Jaafar Ashtiyeh.

Israel Nilai Tentaranya yang Bunuh Jurnalis Al Jazeera tidak Bersalah

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 Mei 2022, 16:19 WIB
Al Jazeera yang berbasis di Qatar menuduh Israel membunuh Abu Akleh dengan sengaja dan dengan darah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya