Rabu 13 Oktober 2021, 13:29 WIB

Bekerjasama, Indonesia-Turki Mau Buat Pesawat dan Tank

Nur Aivanni | Internasional
Bekerjasama, Indonesia-Turki Mau Buat Pesawat dan Tank

Dok. MI
Menlu, Retno Marsudi

 

MENTERI Luar Negeri Retno Marsudi melakukan kunjungan bilateral ke Turki pada 11-12 Oktober 2021. Salah satu yang dibahas dalam kunjungan tersebut adalah peningkatan kerja sama di bidang pertahanan dan industri pertahanan kedua negara.

"Kerja sama pertahanan antara dua negara terus berkembang dalam beberapa tahun ini," kata Retno dalam pernyataan pers secara virtual yang dikutip pada Rabu (13/10).

Menteri Pertahanan Indonesia, terang Retno, beberapa kali telah melakukan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Turki. Saat ini, sambungnya, kedua negara sedang dalam proses finalisasi Perjanjian Kerja Sama Pertahanan untuk kemudian dapat ditandatangani.

Baca juga : Indonesia-Turki Sepakat Penguatan Kerja Sama di Bidang Kesehatan

"Salah satu kerja sama yang sangat potensial dan terus didorong adalah pengembangan bersama industri pertahanan, termasuk pengembangan bersama pesawat terbang dan produk tank skala kecil," katanya.

Untuk memperkuat kerja sama pertahanan, jelasnya, kedua negara juga mulai membahas mekanisme konsultasi baru. Mekanisme baru tersebut meliputi pertemuan 2+2 antara Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan Indonesia-Turki. Pertemuan tersebut dijadwalkan antara pada akhir tahun ini atau awal tahun depan.

Kemudian, mekanisme baru lainnya adalah mengadakan pertemuan tahunan industri pertahanan secara reguler dan pertemuan dialog militer. (OL-2)

 

Baca Juga

AFP/Roslan Rahman

Kemenkes Singapura Meneliti Lonjakan Tidak Biasa Infeksi Virus Covid-19

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 11:39 WIB
Singapura memperpanjang beberapa pembatasan sosial pekan lalu untuk menahan penyebaran covid-19 selama sekitar satu bulan agar dapat...
scmp.com

Penguncian Total di Tiongkok Ribuan Wisatawan di Terlantar

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 11:16 WIB
Pemerintah daerah setempat menetapkan batas atas sewa hotel sebesar 200 yuan (Rp444 ribu) per malam selama masa...
AFP/JACK GUEZ

Israel akan Izinkan Masuk Turis yang Sudah Divaksin Mulai November

👤Nur Aivanni 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 10:35 WIB
Israel adalah negara pertama yang meluncurkan kampanye booster massal, dengan lebih dari 3,9 juta orang mendapatkan dosis ketiga sejak...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menghadang Ganasnya Raksa

Indonesia masih menjadi sasaran empuk perdagangan ilegal merkuri, terutama dari Tiongkok dan Taiwan. Jangan sampai peristiwa Minamata pada 1956 di Jepang terjadi di sini.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya