Kamis 30 September 2021, 07:35 WIB

Italia Umumkan Rencana KTT G20 Mengenai Afghanistan

Nur Aivanni | Internasional
Italia Umumkan Rencana KTT G20 Mengenai Afghanistan

AFP
Kabul, ibu kota Afghanistan.

 

PERDANA Menteri Italia Mario Draghi, pada Rabu, mengumumkan bahwa kekuatan ekonomi dunia G20 akan mengadakan pertemuan puncak tentang Afghanistan bulan depan dalam upaya untuk mencegah bencana kemanusiaan.

"Akan ada KTT luar biasa G20 tentang Afghanistan pada 12 Oktober," kata Draghi kepada wartawan. "Kami ingin melihat apakah mungkin 20 negara terkaya di dunia memiliki tujuan yang sama," ucapnya.

Roma, yang memegang jabatan presiden bergilir forum G20, telah berusaha untuk memperluas diskusi global tentang krisis Afghanistan ke negara-negara termasuk Rusia dan Tiongkok.

"Saya mendengar tanpa henti bahwa bencana kemanusiaan akan terjadi karena Afghanistan tidak memiliki dukungan dari seluruh dunia," kata Draghi. "Saya pikir itu tugas negara-negara terkaya di dunia untuk melakukan sesuatu untuk menghindari bencana kemanusiaan," tambahnya.

KTT tersebut juga akan melihat langkah-langkah apa yang dapat diambil masyarakat internasional untuk menghentikan Afghanistan kembali menjadi sarang terorisme internasional.

Pertemuan itu, tambahnya, akan terbuka untuk peserta lain termasuk PBB, Belanda, Spanyol, dan Qatar. Kemungkinan KTT yang membahas masalah Afghanistan akan diadakan melalui tautan video.

Untuk diketahui, kepala negara atau pemerintahan G20 sudah dijadwalkan akan menghadiri secara langsung KTT G20 di Roma pada 30 dan 31 Oktober. (AFP/OL-13)

Baca Juga: Pemusnahan Tiga Kucing di Tiongkok Undang Kemarahan Netizen

Baca Juga

dok.mi

Presiden AAYG Dukung Pemerintah RI Wujudkan Perdamaian Dunia

👤mediandonesia.com 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 14:45 WIB
Presiden Asian African Youth Government (AAYG), Respiratori Saddam Al Jihad mendukung pemerintah RI untuk terlibat aktif mewujudkan...
dok.AFP

Ukraina Klaim Sukses Buat Rusia Kelabakan di Krimea

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 11:21 WIB
Ukraina telah menyatakan kesuksesan atas sejumlah serangan di Krimea yang membuat Rusia panik. Kyiv akan melanjutkannya sampai kekuatan...
AFP/MOHAMMED ABED

Israel Akhirnya Akui Membunuh 5 Anak Palestina yang Sedang Bermain

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 10:52 WIB
Saat terjadinya serangan, militer Israel sempat mengklaim kelima anak itu tewas akibat terkena roket milik Jihad...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya