Rabu 22 September 2021, 23:39 WIB

Filipina Dukung Pakta Pertahanan Baru untuk Lawan Tiongkok

Nur Aivanni | Internasional
Filipina Dukung Pakta Pertahanan Baru untuk Lawan Tiongkok

AFP/JACQUELYN MARTIN
Menlu Filipina Teodoro Locsin

 

FILIPINA mendukung kemitraan pertahanan baru antara Amerika Serikat, Inggris dan Australia. Kemitraan tersebut diharapkannya dapat menjaga keseimbangan kekuatan di kawasan Indo-Pasifik. Pandangan tersebut sangat kontras dengan beberapa negara tetangganya.

Dikenal sebagai AUKUS, aliansi tersebut akan membuat Australia mendapatkan teknologi untuk mengerahkan kapal selam bertenaga nuklir sebagai bagian dari perjanjian yang dimaksudkan untuk menanggapi pertumbuhan kekuatan Tiongkok.

"Peningkatan kemampuan sekutu dekat luar negeri untuk memproyeksikan kekuatan harus memulihkan dan menjaga keseimbangan daripada mengacaukannya," kata Menteri Luar Negeri Filipina Teodoro Locsin, dalam sebuah pernyataan pada Selasa.

Pernyataan Locsin, tertanggal 19 September, berbeda dengan sikap Indonesia dan Malaysia, yang membunyikan alarm tentang kapal selam tenaga nuklir tersebut di tengah persaingan negara adidaya yang berkembang di Asia Tenggara.

Baca juga: AS Siap Bantu Filipina Dalam Sengketa Laut Cina Selatan

Locsin mengatakan tanpa kehadiran senjata nuklir yang sebenarnya, langkah AUKUS itu tidak akan melanggar perjanjian 1995 untuk menjauhkan senjata nuklir dari Asia Tenggara.

Laut Cina Selatan terus menjadi sumber ketegangan, dengan Amerika Serikat - mitra perjanjian pertahanan Filipina - dan sekutu Barat secara teratur melakukan operasi kebebasan navigasi yang ditanggapi dengan amarah oleh Tiongkok.

Tiongkok melihat mereka sebagai campur tangan luar di perairan yang diklaimnya sebagai miliknya, dalam konflik dengan negara-negara pantai lainnya, seperti Filipina dan Vietnam. (Malay Mail/OL-5)

Baca Juga

AFP/Mahmud Hams.

Israel Bebaskan Tahanan Palestina setelah Akhiri Mogok Makan

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Desember 2021, 23:10 WIB
Aksi mogok makan menjadi hal biasa di antara para tahanan Palestina dan telah membantu mengamankan banyak konsesi dari otoritas...
DOK BAKAMLA

Diprotes Tiongkok, Pengamat Sebut Pengeboran Migas di Natuna Tetap Dilanjutkan

👤Nur Aivanni  🕔Minggu 05 Desember 2021, 21:00 WIB
pemerintah membangun opini di dalam dan luar negeri, perihal kewajiban semua negara di dunia, untuk tidak menafsirkan hukum internasional...
AFP

AS Hingga UE Kecam Taliban Atas Pembunuhan Mantan Pasukan di Afghanistan

👤Nur Aivanni  🕔Minggu 05 Desember 2021, 19:54 WIB
Taliban mengambil alih kekuasaan di Afghanistan pada Agustus ketika pemerintah yang didukung AS di Kabul runtuh setelah pasukan Amerika...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya