Rabu 04 Agustus 2021, 18:08 WIB

Paus Fransiskus Serukan Dunia Bantu Libanon

Mediaindonesia.com | Internasional
Paus Fransiskus Serukan Dunia Bantu Libanon

AFP/Alberto Pizzoli.
Paus Fransiskus.

 

PAUS Fransiskus kembali beraktivitas pada Rabu (4/8) setelah menjalani operasi usus besar. Ia mendesak masyarakat internasional untuk membantu Libanon yang sedang berjuang.

Pria berusia 84 tahun itu meluangkan waktu untuk memberkati anak-anak dan berpose selfie di Vatikan pada audiensi umum mingguan. Sebelumnya, ia dirawat di rumah sakit selama lebih dari seminggu.

"Hari ini saya mengimbau masyarakat internasional untuk membantu Libanon melalui gerakan nyata, bukan hanya kata-kata," kata Paus Fransiskus.

Libanon pada Rabu menandai satu tahun ledakan dahsyat melanda Beirut. Ledakan itu menewaskan sedikitnya 214 orang dalam bencana terburuk, ketika ekonomi negara itu sudah mengalami krisis.

Krisis ekonomi yang meningkat telah dicap oleh Bank Dunia sebagai salah satu yang terburuk di planet ini sejak pertengahan abad ke-19. Libanon juga harus bergulat dengan pandemi virus korona.

Fransiskus mengatakan dia berharap konferensi internasional yang diselenggarakan bersama oleh Prancis dan PBB untuk Libanon terbukti produktif.

Baca juga: PM Libanon Mengundurkan Diri di Tengah Krisis

Prancis mengatakan pada Senin bahwa konferensi yang akan datang tentang Libanon perlu mengumpulkan bantuan senilai US$357 juta untuk memenuhi kebutuhan paling mendesak bagi penduduk negara yang babak belur itu. (AFP/OL-14)

Baca Juga

AFP/Jaafar Ashtiyeh.

Kembali Warga Palestina Tewas Ditembak Israel

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 September 2021, 13:45 WIB
Seorang juru bicara militer Israel mengatakan kepada AFP bahwa pihaknya akan mengomentari insiden tersebut pada Minggu...
AFP/Kena Betancur.

Indonesia Tolak Tuduhan Vanuatu di PBB soal Pelanggaran HAM Papua

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 26 September 2021, 12:05 WIB
Perdana Menteri Vanuatu Bob Loughman Weibur menyinggung masalah pelanggaran hak asasi manusia di dunia yang masih terjadi secara luas dalam...
Aamir QURESHI / AFP

PM Pakistan Serukan Kerja Sama dengan Taliban, PM India Bereaksi

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 26 September 2021, 10:09 WIB
Perdana Menteri (PM) Pakistan Imran Khan menuduh pemerintah India melakukan teror terhadap umat...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya