Rabu 28 Juli 2021, 05:53 WIB

UNESCO Nyatakan Kota Nice sebagai Warisan Budaya Dunia

Basuki Eka Purnama | Internasional
UNESCO Nyatakan Kota Nice sebagai Warisan Budaya Dunia

AFP/VALERY HACHE
Pemandangan Promenade des Anglais di Kota Nice, Prancis.

 

UNESCO, Selasa (27/7), menambahkan Kota Nice ke dalam daftar warisan budaya dunia karena kota Prancis tersebut memegang peran sebagai peristirahatan musim dingin bagi warga kaya di Eropa.

UNESCO, lewat akun Twitter resmi mereka, menyebut kota yang terkenal karena cuacanya yang hangat sebagai 'Kota peristirahatan musim dingin di Riviera'.

Nice bergabung dengan 40 situs warisan budaya dunia lainnya yang ada di Prancis termasuk tepi Sungai Seine di Paris, Katedral Amiens, Mont Saint Michel, dan Lembah Loire.

Baca juga: Human Rights Watch Tuduh Israel dan Hamas Lakukan Kejahatan Perang

UNESO mengatakan Nice mengadaptasi perencanaan urban mereka sejak dua abad lalu yang membuat kota itu menarik bagi warga asing yang mencari cauaca yang hangat.

"Keinginan untuk memanfaatkan secara maksimal kondisi iklim dan pemandangan alam membentuk perencaaan urban dan gaya arstitektur di Nice," ungkap UNESCO.

Dengan populasi sebanyak hampir 1 juta orang, Nice merupakan kota kedua terbesar di kawasan Mediterania Prancis setelah Marseille dan merupakan kota terbesar kelima di Prancis.

Nice merupakan lokasi yang populer bagi turis dengan jutaan pengunjung per tahun. Bandara Nice merupakan salah satu bandara tersibuk di Prancis.

Dijuluki 'Nice yang cantik', kota itu menarik bangsawan Eropa sejak abad ke-18, mulai dari bangsawan Inggris yang menyebabkan kawasan pelabuhan di kota it diberi nama Promenade des Anglais.

Pelukis kenamaan termasuk Marc Chagall dan Henri Matisse menjadikan Nice tempat tinggal mereka. Begitu juga dengan penulis seperti Anton Chekov dan Friedrich Nietzsche.

UNESCO memberikan status warisan budaya dunia kepada situs yang dianggap penting bagi kemanusiaan. Status itu selain menguntungkan bagi pariwisata juga bisa membantu mendapatkan pendaaan untuk melestarikan tempat tersebut. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP/Jack Guez.

Israel Klaim Mampu Hadang 2.000 Roket dari Hizbullah Sehari

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 18 Oktober 2021, 14:14 WIB
Pada Mei tahun ini, tentara Israel berperang selama 11 hari melawan kelompok bersenjata Palestina di Jalur Gaza, yang menembakkan sekitar...
AFP

Lima Hari Berturut-turut, Inggris Catat Kasus Covid-19 Lebih dari 40.000

👤Nur Aivanni 🕔Senin 18 Oktober 2021, 11:20 WIB
TERCATAT sebanyak 45.140 orang di Inggris dinyatakan positif covid-19,  ketika negara itu mencatat lebih dari 40.000 kasus covid pada...
ANWAR AMRO / AFP

Iran akan Lanjutkan Pembicaraan Perjanjian Nuklir Pekan Ini

👤Nur Aivanni 🕔Senin 18 Oktober 2021, 11:16 WIB
"Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian mengatakan bahwa pembicaraan dengan Kelompok 4+1 akan dimulai kembali pada Kamis (21/10)...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencegah Proyek Kereta (jadi) Mubazir

Pembengkakan biaya menjadi biang keladi perlu turun tangannya negara membiayai proyek dengan dana APBN.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya