Jumat 18 Juni 2021, 00:08 WIB

Perwira Israel Didakwa Membunuh Warga Palestina yang Autis

Mediaindonesia.com | Internasional
Perwira Israel Didakwa Membunuh Warga Palestina yang Autis

AFP/Emmanuel Dunand.
Pria Palestina mengendarai sepeda motor mereka melewati mural yang menggambarkan Iyad Hallak.

 

ISRAEL pada Kamis (17/6) mendakwa seorang perwira polisi dengan pembunuhan sembrono karena diduga menembak mati seorang pria Palestina yang tidak bersenjata dengan autisme di Kota Tua Jerusalem tahun lalu, kata kementerian kehakiman.

Iyad Hallak, 32, tewas pada Mei 2020 saat berjalan ke sekolah kebutuhan khusus di Jerusalem timur yang dicaplok Israel. Petugas keliru karena mengira dia bersenjata.

Keluarga Hallak mengatakan dia memiliki mental seperti anak berusia delapan tahun. Saksi mata mengatakan Hallak panik setelah diteriaki oleh polisi.

Hallak dilaporkan berlari yang memicu pengejaran, sehingga polisi menembaki kakinya. Polisi mengatakan mereka mengira Hallak sedang meraih pistol, ketika dia sebenarnya mencari teleponnya di sakunya.

 

"Meskipun Iyad tergeletak di tanah dan terluka akibat tembakan pertama dan tidak memegang apa pun di tangannya, dan tidak melakukan apa pun untuk membenarkannya, tersangka menembak ke arah bagian atas tubuh Iyad," bunyi dakwaan.

Pemakamannya menarik ribuan pelayat. Tagar online #PalestinianLivesMatter menggemakan kemarahan massa terhadap kekerasan polisi dan rasisme di Amerika Serikat.

Kementerian kehakiman tahun lalu mengatakan petugas itu tidak mengikuti aturan polisi untuk melepaskan tembakan dan bahwa Hallak tidak menimbulkan bahaya bagi polisi atau warga sipil di tempat kejadian. Petugas, yang tidak disebutkan namanya, menghadapi hukuman hingga 12 tahun jika terbukti bersalah.

 

Pada saat itu, Presiden Palestina Mahmoud Abbas menyebut kematian Hallak sebagai kejahatan perang dan eksekusi. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyebut kematiannya sebagai tragedi. (AFP/OL-14)

Baca Juga

AFP

PM Australia Enggan Berbicara dengan Presiden Prancis di Pertemuan PBB

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 21 September 2021, 14:36 WIB
Padahal, Prancis tengah geram dengan Australia atas pembatalan kontrak pertahanan senilai US$40 miliar, yang dapat mengancam...
AFP/Parlemen Libanon.

Parlemen Libanon Setujui Pemerintahan Baru

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 21 September 2021, 14:30 WIB
Krisis ekonomi telah menghabiskan cadangan bank sentral, mendevaluasi mata uang lebih dari 90%, dan menjatuhkan tiga dari empat warga di...
AFP/Omar Haj Kadour.

Dua Komandan Jihadis Tewas dalam Serangan AS di Suriah

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 21 September 2021, 14:27 WIB
Serangan itu menargetkan kendaraan di jalan yang mengarah dari kota Idlib ke...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Awas Banjir Mengancam Kota Jakarta

KEKHAWATIRAN selalu menyelimuti sebagian warga Provinsi DKI Jakarta jika musim hujan kembali datang.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya