Kamis 17 Juni 2021, 23:57 WIB

Israel Ingin Punya Hubungan dengan Negara Mayoritas Muslim Asia Tenggara

Mediaindonesia.com | Internasional
Israel Ingin Punya Hubungan dengan Negara Mayoritas Muslim Asia Tenggara

AFP/Ahmad Gharabli.
Pasukan keamanan Israel menahan seorang warga Palestina di luar gerbang Damaskus di Kota Tua Jerusalem, Kamis (17/6), selama protes.

 

ISRAEL ingin membangun hubungan dengan negara-negara mayoritas Muslim di Asia Tenggara, meskipun kalangan negara itu mengutuk serangan udara Israel di Gaza pada Mei lalu. Tiga negara mayoritas Muslim di Asia Tenggara, yakni Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam mengkritik tajam serangan Israel selama 11 hari permusuhan.

Duta Besar Israel untuk Singapura Sagi Karni mengatakan kritik dari para pemimpin tiga negara itu tidak jujur dan mengabaikan sifat sebenarnya dari konflik. Menurut dia, konflik berlangsung antara Israel dan Hamas, bukan dengan rakyat Palestina.

";Hamas adalah organisasi anti Semit. Saya tidak yakin banyak orang yang berpartisipasi dalam debat media sosial benar-benar memahami sifat radikal dan fasis Hamas," kata dia, Kamis (17/6), meskipun Hamas menolak tuduhan anti-Semitisme.

Menurutnya, satu-satunya cara bagi pihak mana pun untuk memiliki pengaruh yang berarti atas yang terjadi di Timur Tengah yaitu dengan menjalin hubungan dengan Israel. "Kami bersedia berbicara. Kami bersedia untuk bertemu dan pintu terbuka sejauh yang kami ketahui. Saya tidak berpikir begitu sulit untuk menemukan kami," ujar dia.

 

Israel memiliki kedutaan besar di Vietnam, Thailand, Filipina, dan Myanmar, di antara negara-negara lain di Asia. Indonesia, Malaysia, dan Brunei telah mendesak Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk turun tangan dan menghentikan kekejaman yang dilakukan terhadap rakyat Palestina. (Ant/OL-14)

Baca Juga

AFP/Alberto Pizzoli

Paus Fransiskus Kecam Serangan di Norwegia, Afghanistan dan Inggris

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 17 Oktober 2021, 22:04 WIB
Paus Fransiskus pada Minggu (17/10) mengecam serangan yang baru saja terjadi di Norwegia, Afghanistan dan...
AFP/Dean Kassim

Brunei Catat Angka Tertinggi Kasus Harian Covid-19

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 17 Oktober 2021, 20:43 WIB
Brunei mencatat angka tertinggi kasus harian covid-19, yakni 504 kasus, pada Minggu (17/10), sehingga totalnya menjadi 10.860...
AFP/Yuri Kadobnov

Rekor Baru Kasus Harian Covid-19 Rusia, Tembus 34.303

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 17 Oktober 2021, 19:01 WIB
Rusia melaporkan rekor 34.303 kasus harian covid-19 sejak awal pandemi, menurut data Satgas covid-19 pemerintah pada Minggu...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mengenal Skandal Menghebohkan Pandora Papers

Rahasia kekayaan para elite kaya yang berasal dari 200 negara dan wilayah di dunia terungkap melalui dokumen Pandora Papers

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya