Rabu 16 Juni 2021, 10:52 WIB

Meksiko Tawarkan AS Rencana untuk Buka Kembali Perbatasan

 Nur Aivanni | Internasional
Meksiko Tawarkan AS Rencana untuk Buka Kembali Perbatasan

YURI KOCHETKOV / POOL / AFP
Menteri Luar Negeri Meksiko Marcelo Ebrard.

 

PEMERINTAH Meksiko, pada Selasa (15/6), mengusulkan rencana ke Amerika Serikat (AS) untuk secara bertahap membuka kembali perbatasan darat mereka, yang telah ditutup untuk lalu lintas yang tidak penting sejak Maret 2020 karena pandemi virus korona.

Menteri Luar Negeri Meksiko Marcelo Ebrard di Twitter mengatakan bahwa strategi tersebut didasarkan pada kampanye vaksinasi massal di sisi perbatasan Meksiko yang bertujuan untuk mencapai normalitas sesegera mungkin.

Dia mengatakan dia telah menguraikan rencana itu kepada Menteri Keamanan Dalam Negeri AS Alejandro Mayorkas, yang tiba di Mexico City pada Senin malam untuk melakukan pembicaraan.

Mayorkas, kata Ebrard, mengatakan kepada pihak berwenang Meksiko bahwa memfasilitasi perdagangan, pariwisata dan perjalanan adalah prioritasnya.

Meksiko berencana untuk memvaksinasi orang dewasa di sepanjang perbatasan dengan menggunakan 1,35 juta suntikan vaksin Covid-19 Johnson & Johnson yang disumbang oleh AS yang tiba pada Selasa (15/6).

"Setelah itu tercapai, tidak akan ada lagi argumen untuk mempertahankan pembatasan dengan alasan kesehatan," kata Ebrard kepada wartawan sebelum pembicaraannya dengan Mayorkas.

"Ini pertanda baik bahwa dia datang ke Meksiko untuk mendengar proposal negara dan apa dampak penutupan perbatasan di seluruh wilayah," kata Ebrard.

Dengan 600.000 kematian akibat covid-19, AS sejauh ini memiliki angka kematian akibat pandemi tertinggi di dunia, tetapi negara itu juga menyelenggarakan salah satu peluncuran vaksin paling efektif. Lebih dari setengah populasi AS telah menerima setidaknya satu dosis vaksin virus korona.

Jumlah kematian akibat pandemi di Meksiko sekitar 230.000 adalah yang tertinggi keempat di dunia. Sekitar 29% orang dewasanya telah memiliki setidaknya satu suntikan vaksin covid-19. (AFP/Nur/OL-09)

Baca Juga

nytimes.com

Omicron Makin Banyak Ditemukan di Berbagai Negara

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 29 November 2021, 11:58 WIB
Penemuan kasus Omicron membuat negara-negara meningkatkan...
AFP

Inggris dan Israel Berupaya Keras Mencegah Iran Jadi Kekuatan Nuklir

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 29 November 2021, 09:38 WIB
Inggris dan Israel akan "bekerja siang dan malam" dalam mencegah Iran menjadi kekuatan nuklir, demikian tekad yang dinyatakan...
Michele Spatari/AFP

Terkait Omicron, Afrika Selatan Minta Negara Lain Cabut Larangan Perjalanan Bagi Warganya

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 29 November 2021, 08:59 WIB
Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa meminta negara-negara untuk segera mencabut larangan perjalanan yang "tidak dapat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya