Jumat 11 Juni 2021, 14:55 WIB

Tiongkok Undang Warga Taiwan Datang untuk Vaksinasi Covid-19

Nur Aivanni | Internasional
Tiongkok Undang Warga Taiwan Datang untuk Vaksinasi Covid-19

STR / AFP
Petugas medis memeriksa warga denga tes asam nuklat untuk mengetahui virus Covid-19 di Shenzhen, Provinsi Guangdong, Tiongkok.

 

PEMERINTAH Tiongkok hari ini atau Jumat (11/6) mengatakan bahwa mereka menyambut warga Taiwan untuk datang dan mendapatkan vaksinasi Covid-19 dan meminta Taiwan untuk menghilangkan hambatan dan mengizinkan rakyatnya untuk menerima suntikan Tiongkok yang sangat efektif.

Tiongkok mengklaim secara demokratis memerintah Taiwan sebagai wilayahnya sendiri dan telah berulang kali menawarkan untuk mengirim vaksin ke pulau itu, yang sedang memerangi lonjakan infeksi domestik tetapi telah menyatakan kekhawatiran tentang keamanan suntikan Tiongkok dan belum mengizinkannya untuk digunakan.

Dalam sebuah pernyataan, Kantor Urusan Taiwan Tiongkok mengatakan dua vaksin buatan Tiongkok telah diberikan otorisasi penggunaan darurat oleh Organisasi Kesehatan Dunia dan suntikannya digunakan atau disetujui oleh lebih dari 90 negara, yang menunjukkan keamanan dan kemanjurannya.

Orang Taiwan dapat datang ke Tiongkok untuk mendapatkan vaksinasi covid-19, asalkan mereka benar-benar mematuhi langkah-langkah pengendalian pandemi di Tiongkok, kata kantor itu.

Sekitar 62.000 orang Taiwan telah divaksinasi di Tiongkok pada 31 Mei, tambahnya, meskipun banyak orang Taiwan sudah tinggal dan bekerja di sana.

Hanya 3% dari 23,5 juta orang Taiwan yang menerima setidaknya satu suntikan Covid-19, meskipun jutaan dosis sedang dipesan. Jepang menyumbangkan 1,24 juta suntikan AstraZeneca Plc minggu lalu dan Amerika Serikat telah menjanjikan 750.000 dosis, yang belum tiba.

Namun, tawaran Tiongkok sepertinya tidak menarik bagi banyak orang Taiwan. Sebuah jajak pendapat oleh National Chengchi University Taipei bulan lalu menunjukkan kebanyakan orang tidak akan mau mendapatkan vaksin Tiongkok.

Sementara itu, data terakhir di Tiongkok tercatat 91.337 kasus, sembuh 86.285 orang,, dan  meninggal 4.636 orang. Sedangkan di Taiwan, 12.222 kasus, sembuh 1.133, dan meninggal 361 orang.  (Malay Mail/Nur/OL-09)

Baca Juga

AFP/Ahmad Gharabli.

Penjaga Perbatasan Israel Tembak Wanita Palestina Bawa Pisau

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 12 Juni 2021, 23:13 WIB
Pada Jumat (11/6), seorang Palestina berusia 15 tahun tewas oleh tembakan tentara Israel di dekat Beita, selatan...
AFP/STR/KCNA VIA KNS.

Sebut Kanker Ganas, Kim Jong-un Hukum Peniru Gaya K-Pop

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 12 Juni 2021, 22:30 WIB
Keluarga Kim telah memerintah Utara selama tiga generasi dan kesetiaan dari kaum milenial di negara itu sering...
Ian Willms/Getty Images/AFP

Ribuan Orang Simpati pada Keluarga Muslim Tewas Ditabrak di Kanada

👤 Atikah Ishmah Winahyu 🕔Sabtu 12 Juni 2021, 18:22 WIB
Ribuan orang berbaris untuk memberi dukungan kepada keluarga muslim Kanada yang tewas akibat ditabrak seorang pria dengan truk pick-up pada...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Perangkat Terenkripsi Jerat Penjahat di Seluruh Dunia

LEBIH dari 800 penjahat telah ditangkap di seluruh dunia seusai dijebak menggunakan aplikasi pesan terenkripsi yang dijalankan FBI.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya