Rabu 19 Mei 2021, 09:48 WIB

Arab Saudi Serukan Akhiri Kekerasan dalam Konflik Israel-Palestina

Nur Aivanni | Internasional
Arab Saudi Serukan Akhiri Kekerasan dalam Konflik Israel-Palestina

FAYEZ NURELDINE / AFP
Menteri Arab Saudi Faisal bin Farhan.

 

MENTERI Luar Negeri (Menlu) Arab Saudi Faisal bin Farhan, pada Selasa (18/5), mengatakan bahwa konflik Israel-Gaza mendorong seluruh wilayah ke arah yang salah. Dia pun menyerukan diakhirinya kekerasan.

"Ini semua benar-benar mendorong kami ke arah yang salah. Itu berarti bahwa kami membuat jalan menuju perdamaian yang berkelanjutan menjadi lebih sulit," kata bin Farhan kepada AFP, saat komunitas internasional meningkatkan upaya diplomatiknya untuk mendorong de-eskalasi.

Konflik tersebut, tambahnya, menyokong para ekstremis. "Itu menyokong suara-suara paling intoleran di kawasan kami dan mempersulit (menemukan) jalan menuju perdamaian sejati," tambahnya, yang berbicara di sela-sela KTT di Prancis tentang Sudan dan Afrika.

"Kita semua harus bekerja sama untuk mendorong semua pihak untuk terlibat (secara serius)," katanya. "Pertama-tama, untuk menurunkan ketegangan, menghentikan kekerasan dan kemudian terlibat dalam pembicaraan damai yang serius menuju penyelesaian akhir," tambahnya.

Penyelesaian terakhir itu, kata diploat tertinggi Arab Saudi itu, harus menyertakan negara Palestina dengan Yerusalem Timur sebagai ibukotanya.

Pengeboman Israel yang nyaris tanpa henti telah menewaskan 217 warga Palestina, termasuk 63 anak-anak, dan melukai lebih dari 1.400 orang hanya dalam waktu seminggu di daerah kantong yang dikelola Hamas, menurut Kementerian Kesehatan Gaza.

Sementara itu, korban tewas di pihak Israel meningkat menjadi 12 orang ketika tembakan roket yang ditembakkan Hamas ke wilayah selatan Eshkol menewaskan dua warga negara Thailand yang bekerja di sebuah pabrik dan melukai beberapa lainnya.

"Prioritas utama kami adalah memulai kembali pembicaraan damai antara Palestina dan Israel," kata bin Farhan. "Ini adalah satu-satunya jalan menuju perdamaian yang berkelanjutan," ucapnya. Untuk diketahui, Arab Saudi tidak memiliki hubungan resmi dengan Israel. (AFP/Nur/OL-09)

Baca Juga

AFP

India Buka Vaksinasi Covid-19 Gratis untuk Orang Dewasa

👤Nur Aivanni 🕔Senin 21 Juni 2021, 23:36 WIB
Upaya vaksinasi di negara itu telah melambat secara signifikan dalam beberapa bulan terakhir karena kekurangan...
AFP/Atta Kenare.

Raisi Tolak Bertemu Biden tapi Ingin Hubungan dengan Saudi

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 21 Juni 2021, 22:49 WIB
Raisi, seorang ulama ultrakonservatif yang mengepalai peradilan Iran, akan menggantikan Presiden moderat Hassan Rouhani pada...
AFP/Mohammed Abed.

Hamas Kecam Israel tidak Ingin Akhiri Krisis Kemanusiaan di Gaza

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 21 Juni 2021, 22:16 WIB
Wilayah Mediterania yang padat, rumah bagi sekitar dua juta warga Palestina di bawah blokade Israel sejak 2007, itu dihancurkan oleh...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jakarta sedang tidak Baik-Baik Saja

SEPEKAN ini warga Ibu Kota mengalami kecemasan akibat meningkatnya kembali kasus positif covid-19 secara signifikan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya