Rabu 19 Mei 2021, 01:09 WIB

Universitas yang Didirikan Jack Ma Berganti Nama

Mediaindonesia.com | Internasional
Universitas yang Didirikan Jack Ma Berganti Nama

alamy.com
Ilustrasi

 

Hupan University yang didirikan oleh pendiri raksasa e-dagang Alibaba, Jack Ma, berganti nama, demikian media Tiongkok, Selasa (18/5).

Baca juga : Gojek dan Tokopedia Berkolaborasi Bentuk Group GoTo

Video dan foto yang tersebar luas di sejumlah media sosial di Tiongkok memperlihatkan beberapa pekerja menghapus nama "Hupan University" di Kota Hangzhou, Provinsi Zhejiang, yang dipahat di plakat batu.

Pihak Hupan, sebagaimana dilaporkan media setempat, memastikan nama kampus tersebut berganti menjadi Zhejiang Hupan Entrepreneurship Research Center untuk menghindari kesalahpahaman.

"Hupan terdaftar sebagai organisasi nonperusahaan swasta. Sejak didirikan bukan merupakan lembaga pendidikan sekolah formal," demikian pihak Hupan University.

Nama universitas tersebut di sejumlah medsos, termasuk akun resmi Weibo yang memiliki 100.000 pengikut, telah diganti menjadi Hupan Entrepreneurship Research Center.

Beberapa warganet Tiongkok berspekulasi bahwa pergantian nama itu mengindikasikan penangguhan sementara operasional kampus menyusul denda yang dijatuhkan oleh regulator pasar Tiongkok terhadap Alibaba sebesar US$2,8 miliar atas tuduhan monopoli.

Informasi pendaftaran mahasiswa baru tahun akademik 2021 juga sudah tidak ada di laman resmi universitas tersebut.

Ma mendirikan Hupan University pada 2015. Dia juga terpilih sebagai rektor universitas tersebut.

Dalam memperkenalkan kampusnya, Ma menyatakan Hupan akan berlanjut hingga 300 tahun dan dalam 30 tahun akan membimbing 3.000 pengusaha di Tiongkok.

Persyaratan masuk Hupan University sangat ketat. Pelamar harus seorang perintis perusahaan paling tidak selama tiga tahun dan memiliki lebih dari 30 karyawan serta menghasilkan pendapatan sebesar 30 juta yuan per tahun.

Selain itu, pelamar juga perlu memberikan bukti pembayaran pajak bisnis mereka dan memberikan tiga surat rekomendasi, setidaknya salah satunya harus bersertifikat perguruan tinggi.

Jack Ma sempat menghilang setelah mengkritik bank-bank konvensional di Tiongkok bermental pegadaian dalam pidatonya di Bund Summit, Shanghai, pada Oktober 2020.  (Ant/aol-12)

 

Baca Juga

AFP/Pedro Rocha.

Adu Argumen Anggota Parlemen Italia tentang RUU Homofobia

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 22 Juni 2021, 23:55 WIB
Di Italia yang secara tradisional Katolik, Vatikan secara historis memiliki pengaruh besar, tetapi tetap relatif tenang ketika parlemen...
AFP/Alessandra Tarantino.

Vatikan Protes terhadap Rancangan UU Homofobia Italia

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 22 Juni 2021, 23:48 WIB
Aturan itu berusaha menghukum tindakan diskriminasi dan hasutan untuk melakukan kekerasan terhadap kaum gay, lesbian, transgender, dan...
abc.net.au

Duterte Ancam Bakal Penjarakan Penolak Vaksin

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 22 Juni 2021, 21:00 WIB
Pernyataan Duterte bertentangan dengan pejabat pemerintah yang mengatakan bahwa meski masyarakat diminta untuk bersedia...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kereta Api Makassar-Parepare Membangun Ekonomi dan Peradaban

Belanda pernah membuat jalur kereta api Makassar-Takalar, namun sejak Jepang berkuasa jalur itu dibongkar. Dan baru era sekarang, Sulawesi Selatan kembali memiliki jalur  kereta api

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya