Selasa 18 Mei 2021, 10:28 WIB

Biden Siap Kirim 20 Juta Dosis Vaksin Covid-19 ke Luar Negeri

Nur Aivanni | Internasional
Biden Siap Kirim 20 Juta Dosis Vaksin Covid-19 ke Luar Negeri

Nicholas Kamm / AFP
Presiden AS Joe Biden saat berpidato tentang Covid-19 di Gedung Putih, Washiongton, AS, Senin (17/5).

 

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan mengirim setidaknya 20 juta lebih dosis vaksin Covid-19 ke luar negeri pada akhir Juni 2021. Itu menandai pertama kalinya Amerika Serikat membagikan vaksin yang diizinkan untuk penggunaan domestik.

Langkah tersebut menandai poros penting dari Gedung Putih ketika pemerintah berupaya menggunakan pasokan vaksin negara itu sebagai alat diplomatik dengan prospek pandemi yang semakin cerah di dalam negeri.

Biden, pada Senin (17/5), mengumumkan bahwa pemerintahannya akan mengirimkan dosis vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech, Moderna dan Johnson & Johnson, selain 60 juta dosis AstraZeneca yang telah direncanakannya untuk diberikan ke negara lain. Berbeda dengan yang lain, suntikan AstraZeneca belum diizinkan untuk digunakan di Amerika Serikat.

"Sama seperti dalam Perang Dunia Kedua, Amerika adalah gudang demokrasi, dalam pertempuran melawan pandemi Covid-19, negara kita akan menjadi gudang vaksin," kata Biden.

Presiden berada di bawah tekanan untuk membagikan vaksin untuk membantu mengatasi epidemi yang memburuk dari India hingga Brasil, di mana para ahli kesehatan khawatir varian virus korona yang lebih menular dapat merusak keefektifan suntikan yang tersedia.

Biden mencatat bahwa tidak ada negara lain yang akan mengirim lebih banyak vaksin ke luar negeri selain Amerika Serikat. "Kami ingin memimpin dunia dengan nilai-nilai kami dengan menunjukkan inovasi, kecerdikan, dan kesopanan mendasar rakyat Amerika," kata Biden.

Gedung Putih belum memberikan rincian tentang negara mana yang akan menerima suntikan tersebut. Biden mengatakan bahwa Jeff Zients, yang mengepalai upaya vaksin AS, kini juga akan memimpin upaya vaksin global.

Amerika Serikat telah memberikan lebih dari 272 juta dosis vaksin Covid-19 dan mendistribusikan lebih dari 340 juta, menurut data federal yang diperbarui pada Senin pagi. (CNA/Nur/OL-09)

Baca Juga

Peter PARKS / AFP

Polisi Hong Kong Tangkap Kolumnis Surat Kabar Apple Daily

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Rabu 23 Juni 2021, 12:49 WIB
Polisi Hong Kong mengatakan, seorang pria berusia 55 tahun ditangkap karena dituduh berkolusi dengan pasukan asing untuk membahayakan...
AFP/ Alberto PIZZOLI

PM Italia Ganti Vaksin di Dosis Kedua Vaksinasi Covid-19

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 23 Juni 2021, 12:28 WIB
Rekomendasi bagi mereka yang telah menerima satu dosis vaksin AstraZeneca untuk mengubah vaksin di dosis kedua memicu perdebnatan di Italia...
AFP

Junta Myanmar Berterima Kasih Atas Dukungan Rusia

👤Nur Aivanni 🕔Rabu 23 Juni 2021, 12:15 WIB
KEPALA junta Myanmar berterima kasih kepada Rusia yang mendukung dalam pasokan senjata sehingga tentara Myanmar menjadi salah satu terkuat...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kereta Api Makassar-Parepare Membangun Ekonomi dan Peradaban

Belanda pernah membuat jalur kereta api Makassar-Takalar, namun sejak Jepang berkuasa jalur itu dibongkar. Dan baru era sekarang, Sulawesi Selatan kembali memiliki jalur  kereta api

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya