Sabtu 15 Mei 2021, 14:20 WIB

Israel-Palestina Memanas, Serangan Udara Masih Guncang Jalur Gaza

Nur Aivanni | Internasional
Israel-Palestina Memanas, Serangan Udara Masih Guncang Jalur Gaza

AFP
Sebuah ledakan terjadi di Jalur Gaza ketika konflik antara Israel dan Palestina kembali memanas.

 

PESAWAT tempur Israel mencapai sasaran di Jalur Gaza pada tengah semalam. Tepatnya setelah hari kekerasan mematikan yang mengguncang wilayah Tepi Barat. Kerusuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya pun terus berlanjut di kawasan Israel.

Meski upaya diplomatik digencarkan untuk meredakan pertempuran selama lima hari antara Israel dan militan Palestina, namun angkatan udara Israel tetap menyerang beberapa titik di Jalur Gaza. Sebuah roket dilaporkan kembali menghantam wilayah tersebut.

Secara keseluruhan, korban jiwa warga Palestina akibat serangan di Gaza mencapai 126 orang, termasuk 31 anak-anak. Lalu, sekitar 950 orang dilaporkan terluka.

Baca juga: Tiongkok Nilai AS Abaikan Penderitaan Palestina

Israel, yang juga berusaha menahan pecahnya kekerasan internal Yahudi-Arab, menghadapi konflik di wilayah Palestina tidak seperti dalam sejarah baru-baru ini. Pengeboman di Gaza berlangsung pada Senin lalu, sebagai tanggapan atas tembakan roket ke Yerusalem dari Hamas dan kelompok bersenjata Palestina lainnya.

Lebih dari 2.000 roket telah ditembakkan ke Negara Yahudi sejak Senin lalu. Serangan itu menewaskan sembilan orang, termasuk seorang anak dan seorang tentara, dengan lebih dari 560 orang terluka. Tanggapan Israel membuatnya mencapai hampir 800 target, termasuk serangan masif di jaringan terowongan Hamas.

Baca juga: Israel Minta PBB Kecam Serangan Roket dari Gaza

Banyak bangunan dan rumah warga yang sudah rata dengan tanah. Alhasil, sejumlah warga Gaza harus mencari perlindungan di sekolah dan masjid untuk mengantisipasi pemboman susulan.

"Semua anak takut dan kami mengkhawatirkan anak-anak," tutur Kamal al-Haddad, yang melarikan diri bersama keluarganya ke sekolah yang dikelola PBB di Kota Gaza.

Pada Sabtu pagi, tentara Israel telah menyerang kantor operasi Hamas di dekat pusat Kota Gaza. Dengan serangan tambahan yang menargetkan situs peluncuran bawah tanah. Peringatan serangan udara terus meraung di wilayah selatan Israel pada Sabtu pagi.(AFP/OL-11)

 

 

 

 

Baca Juga

 AFP/Hazem Bader.

Orang Badui Israel Anggap Janji-Janji Pemerintah Baru itu Palsu

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 21 Juni 2021, 12:33 WIB
Sebagian besar dari hampir 300.000 orang Badui Israel tinggal di Negev yang gersang di selatan negara itu, di pinggiran masyarakat...
AFP/Jim Watson

AS Tengah Persiapkan Sanksi Baru untuk Rusia

👤Nur Aivanni 🕔Senin 21 Juni 2021, 10:01 WIB
"Kami mengumpulkan sekutu Eropa dalam upaya bersama untuk mengenakan biaya pada Rusia untuk penggunaan bahan kimia terhadap salah satu...
AFP/Handout / various sources

Hadiri Konferensi Keamanan, Pemimpin Junta Myanmar Tiba di Moskow

👤Nur Aivanni 🕔Senin 21 Juni 2021, 07:14 WIB
Pemimpin Junta Min Aung Hlaing meninggalkan ibu kota Naypyidaw, Minggu (20/6), dengan penerbangan khusus untuk menghadiri Konferensi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jangan Gagap Lindungi Nasabah di Era Digital

ERA pandemi covid-19 berdampak pada berpindahnya aktivitas masyarakat di area digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya