Selasa 11 Mei 2021, 11:26 WIB

Wartawan dan Aktivis Myanmar Ditangkap di Thailand

 Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Wartawan dan Aktivis Myanmar Ditangkap di Thailand

AFP
Wartawan BBC, Aung Thura, saat liputan sebelum ditangkap. Ia ditangkap aparat berpakaian preman ketika meliput di Naypyidaw, Myanmar.

 

TIGA wartawan dan dua aktivis dari Myanmar telah ditangkap di Thailand dan menghadapi kemungkinan deportasi karena masuk secara ilegal.

Penyiar DVB (Suara Demokratik Burma) mengatakan kelima orang itu ditangkap pada Minggu (9/5) di Kota Chiang Mai dan mereka mengimbau pihak berwenang Thailand untuk tidak mendeportasi mereka ke Myanmar.

Para wartawan dan aktivis yang menyuarakan penolakan kudet militer menjadi terget penangkapan oleh aparat keamanan pendukung junta militer Myanmar.

"Hidup mereka akan dalam bahaya serius jika mereka kembali," kata Direktur Eksekutif DVB, Aye Chan Naing, dalam sebuah pernyataannya. Ia juga meminta bantuan kepada Komisaris Tinggi Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) untuk Pengungsi.

Pernyataan itu mengatakan bahwa mereka telah melarikan diri dari tindakan keras militer di Myanmar sejak kudeta 1 Februari 2021 di mana puluhan jurnalis termasuk di antara ribuan orang yang ditangkap.

Izin DVB dan beberapa organisasi media independen lainnya telah dicabut.

Kepala Polisi Distrik San Sai di luar Chiang Mai, Thapanapong Chairangsri, mengatakan bahwa lima warga Myanmar telah ditangkap karena memasuki negara itu secara ilegal dan akan dibawa ke pengadilan pada Selasa (11/5).

Dia mengatakan mereka akan dideportasi sesuai dengan undang-undang, tetapi menambahkan bahwa karena wabah virus korona maka mereka akan ditahan selama 14 hari sebelum diserahkan ke otoritas imigrasi. (Aiw/Straitstimes/OL-09)

Baca Juga

AFP/ANDREAS SOLARO

Temuan Teranyar Beri Informasi Baru Mengenai Letusan Gunung Vesuvius

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 06:00 WIB
Kerangka pria yang diduga berusia antara 40 dan 45 tahun ditemukan di bawah bebatuan vulkanis, di lokasi yang diduga sebagai garis pantai...
AFP/STR

Tiongkok Kirimkan Astronaut ke Stasiun Luar Angkasa Tiangong

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 04:24 WIB
Mereka dijadwalkan tinggal di Stasiun Luar Angkasa Tiangong selama 6...
AFP/Javed Tanveer.

Tembakan Awali Bom Bunuh Diri saat Salat Jumat Masjid Syiah Afghanistan

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 15 Oktober 2021, 23:30 WIB
Serangan itu terjadi hanya seminggu setelah serangan bunuh diri terhadap jemaah Syiah di masjid dalam kota utara Kunduz yang diklaim oleh...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Risma Marah dan Gaya Kepemimpinan Lokal

ika melihat cara Risma marah di Gorontalo, hal itu tidak terlalu pas dengan norma, etika, dan kebiasaan di masyarakat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya